Di bawah ada ikan segar, mau dipasak di sini juga bisa, suka-suka....
Garut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat resmi membuka Sentra Kuliner Ikan di Jalan Raya Bandung-Garut, Kecamatan Tarogong Kaler sebagai destinasi wisata baru yang menarik dikunjungi wisatawan untuk mencari kuliner menarik dan berselera dengan menu berbagai jenis ikan.

"Sudah jelas jadi kuliner wisata, saya lihat kemarin dari Cipanas (objek wisata air panas) satu mobil masuk ke sini karena tampilannya menarik," kata Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut Sofyan Yani, usai peresmian Sentra Kuliner Ikan di Tarogong, Garut, Selasa.

Ia menuturkan kawasan Sentra Kuliner Ikan itu dibangun dengan menggunakan anggaran dari Kementerian Kelautan dan Perikanan dan dari APBD Garut yang seluruhnya senilai Rp2,7 miliar.

Dia menyampaikan bangunan dua tingkat itu dibagi untuk penjualan kuliner ikan yang siap saji atau sudah dimasak berada di lantai dua, dan untuk wisatawan yang ingin membeli ikan segar ada di lantai bawah.

"Di bawah ada ikan segar, mau dipasak di sini juga bisa, suka-suka," katanya.

Ia mengatakan keberadaan Sentra Kuliner Ikan itu menumbuhkan perekonomian masyarakat khususnya pelaku usaha ikan, juga berkontribusi untuk pendapatan asli daerah (PAD) Garut dari hasil sewa tempat tersebut sebesar Rp120 juta per tahun.

Tempat tersebut, kata dia, dibangun oleh pemerintah, kemudian dikelola oleh pihak swasta yang disewakan kepada pelaku usaha ikan binaan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut.

"PAD Rp120 juta per tahun, jadi ini input yang luar biasa menurut kami, selain meningkatkan tenaga kerja, sektor hulu jadi nyaman, ke mana jualnya, ya ke sini," katanya lagi.

Bupati Garut Rudy Gunawan yang hadir untuk meresmikan Sentra Kuliner Ikan di Garut mengatakan, pemerintah daerah berupaya terus untuk mendongkrak perekonomian dari sektor perikanan.

Apalagi wilayah Tarogong, kata dia, memiliki sejarah yang dari dulu sebagai kawasan budi daya berbagai jenis ikan, salah satunya yang terkenal penghasil ikan jenis nilem.

Daerah Garut, kata dia, sudah menjadi sentra ikan yang harus terus dilestarikan, salah satunya saat ini dibangun Sentra Kuliner Ikan.

"Ini tempat legendaris, Kecamatan Tarogong menghasilkan ikan sangat baik, sentra ikan dengan penghasil terkenal ikan nilem," katanya pula.
Baca juga: KKP-Pemkab Garut bangun sentra kuliner ikan di Tarogong

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023