Singapura (ANTARA) - Dolar AS hampir tidak berubah di awal sesi Asia pada Rabu pagi, karena data ekonomi AS yang tangguh meredakan kekhawatiran investor atas resesi dan mengangkat sentimen risiko, meskipun itu juga mengindikasikan bahwa Federal Reserve mungkin harus terus menaikkan suku bunga.

Dolar Australia turun tajam karena inflasi konsumen mereda pada Mei.

Data menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen AS meningkat pada Juni ke level tertinggi dalam hampir 1,5 tahun, sementara pengeluaran bisnis tampak bertahan pada Mei, menunjukkan ekonomi tetap pada pijakan yang kokoh.

Pasar menilai probabilitas 77 persen untuk kenaikan 25 basis poin oleh Fed bulan depan, menurut alat CME FedWatch, tetapi tidak lebih setelah itu.

Terhadap sekeranjang enam mata uang utama, dolar naik 0,029 persen menjadi 102,53, setelah tergelincir 0,24 persen semalam. Indeks dolar berada di jalur untuk mencatat penurunan sekitar 1,5 persen untuk bulan ini.

Rodrigo Catril, ahli strategi mata uang senior di National Australia Bank, mengatakan data AS memberi indikasi tema "resesi sektoral" bermain dengan kelambatan yang berbeda, membuat tugas Fed untuk menjinakkan inflasi lebih sulit.

"Secara keseluruhan, data memberi tahu kita bahwa Fed perlu tetap menginjak pedal pengetatan."

Perhatian investor akan tertuju pada komentar Ketua Fed Jerome Powell di Forum Bank Sentral Eropa di Sintra, Portugal, yang dapat memberikan petunjuk tentang jalur suku bunga.

"Kami memperkirakan Powell untuk menegaskan kembali sikap kebijakan hawkish-nya," kata Carol Kong, ahli strategi mata uang untuk Commonwealth Bank of Australia. "Meskipun kami ragu komentarnya akan mendorong perkiraan FOMC secara material."

Powell akan berada dalam panel bersama Andrew Bailey dari Bank Sentral Inggris, Christine Lagarde dari Bank Sentral Eropa, dan Kazuo Ueda dari Bank Sentral Jepang.

Sementara itu, dolar Australia turun 0,72 persen menjadi 0,6637 dolar AS setelah tingkat inflasi harga konsumen Australia melambat ke level terendah 13 bulan pada Mei, didorong oleh penurunan tajam harga bahan bakar.

Ukuran inflasi inti juga mendingin, sebagai tanda bahwa suku bunga mungkin tidak perlu naik lagi pada Juli.

Kiwi diperdagangkan 0,47 persen lebih rendah terhadap dolar di 0,613 dolar AS.

Di tempat lain, euro turun 0,1 persen pada 1,0948 dolar, setelah naik 0,5 persen semalam menyusul komentar hawkish dari Presiden ECB Lagarde. Sterling melemah 0,09 persen pada 1,2734 dolar.

Yen Jepang menguat 0,16 persen menjadi 143,81 per dolar, tetapi tetap mendekati level terendah tujuh bulan di 144,18 yang disentuhnya pada Selasa (27/6/2023).

Otoritas Jepang berada di bawah tekanan baru untuk memerangi penurunan baru yen yang didorong oleh ekspektasi pasar bahwa Bank Sentral Jepang akan mempertahankan suku bunga sangat rendah, bahkan saat bank sentral lainnya memperketat kebijakan moneter untuk mengekang inflasi.

"Dengan kenaikan dolar terhadap yen akan berlanjut, kami menilai risiko telah meningkatkan intervensi Kementerian Keuangan di pasar valas dengan membeli yen," kata Kong dari CBA.

"Namun, kami mencatat bahwa kecepatan perubahan, bukan tingkat, yang paling penting dalam keputusan Kementerian Keuangan untuk intervensi."


Baca juga: Saham Asia dibuka hati-hati, penurunan yen picu risiko intervensi
Baca juga: Yuan turun tipis tiga basis poin menjadi 7,2101 terhadap dolar AS
Baca juga: AS gelontorkan 42 miliar dolar untuk akses internet cepat

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023