Penambahan jadwal perjalanan diterapkan selama libur Idul Adha mulai Rabu (28/6) sampai 2 Juli
Yogyakarta (ANTARA) - KAI Commuter menambah jadwal perjalanan Commuter Line Yogyakarta selama libur Idul Adha menjadi 30 perjalanan setiap hari dari sebelumnya 24 perjalanan guna mengantisipasi membeludaknya jumlah penumpang.

“Penambahan jadwal perjalanan diterapkan selama libur Idul Adha mulai Rabu (28/6) sampai 2 Juli,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba melalui rilis yang diterima di Yogyakarta, Rabu.

Dengan penambahan jadwal perjalanan tersebut, Commuter Line Yogyakarta yang melayani relasi Yogyakarta-Palur akan dioperasikan pukul 04.55-20.53 WIB dari Palur, sedangkan dari Yogyakarta akan dioperasikan pukul 05.30-22.35 WIB.

Sebelumnya, KAI Commuter juga sudah menambah jadwal perjalanan menjadi 24 perjalanan sehari dari 20 perjalanan yang berlaku mulai 19 Juni. Penambahan perjalanan tersebut direncanakan berlaku hingga 14 Juli.

Namun, selama masa penambahan empat perjalanan tersebut terjadi peningkatan jumlah penumpang yang signifikan terutama saat libur akhir pekan termasuk saat hari kerja.

Berdasarkan data, total jumlah penumpang Commuter Line Yogyakarta pada 19-26 Juni mencapai 103.017 orang atau rata-rata 17.170 orang per hari, sedangkan volume penumpang saat akhir pekan mencapai 42.675 orang atau rata-rata 21.338 orang.

Di masa libur Idul Adha, jumlah penumpang diperkirakan mengalami kenaikan hingga 24.000-25.000 orang per hari sehingga jadwal perjalanan ditambah.

Penambahan jadwal perjalanan tersebut juga mengacu pada data masa libur sekolah tahun lalu yaitu terdapat kenaikan penumpang sebesar 15-20 persen terutama di akhir pekan.

Dengan meningkatnya jumlah penumpang selama libur Idul Adha, KAI Commuter mengimbau penumpang untuk selalu menaati arahan petugsa dan bagi penumpang yang membawa anak diminta untuk selalu mengawasi dan mendampingi.

Sedangkan untuk jadwal Commuter Line Prameks tetap delapan perjalanan dengan rata-rata 2.247 penumpang per hari untuk periode yang sama.

Peningkatan jumlah penumpang tidak hanya terjadi untuk perjalanan commuter line saja tetapi juga untuk kereta api jarak jauh di Daerah Operasi 6 Yogyakarta.

Pada H-2 Idul Adha atau Selasa (27/6), tercatat 23.869 penumpang berangkat dari berbagai stasiun di Daop 6 Yogyakarta dengan jumlah keberangkatan paling tinggi dari Stasiun Tugu sebanyak 10.891 penumpang.

Sedangkan jumlah penumpang yang datang tercatat 21.777 orang atau meningkat dibanding periode yang sama pekan lalu sebanyak 13.267 penumpang.

Pada H-1 Idul Adha diperkirakan terdapat sekitar 17.000 penumpang, baik penumpang datang maupun berangkat.

Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo mengatakan, selama libur Idul Adha mengoperasikan 25 kereta api jarak jauh.

Baca juga: KAI Commuter pertimbangkan penambahan perjalanan KRL Solo-Yogyakarta
Baca juga: Stasiun Yogyakarta dilengkapi face recognition boarding gate

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023