jasa kebugaran terapis sebanyak 4.050 permintaan, sektor lainnya seperti di kapal sungai, pengeboran minyak, tukang kayu, perkebunan sebanyak 878 lowongan kerja.
Denpasar (ANTARA News) - Badan Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Denpasar mengatakan permintaan tenaga kerja untuk bekerja di luar negeri sangat tinggi, khususnya di bidang jasa kebugaran dan perkapalan.

"Untuk memenuhi permintaan tenaga terapis kebugaran dan perkapalan sejauh ini Bali belum mampu memenuhi permintaan itu," kata pejabat BP3TKI Wayan Pageh, di Denpasar, Jumat.

Hal itu, kata dia, infomasi terkait lowongan kerja kepada masyarakat masih belum optimal dan juga para pencari kerja belum memiliki kompetensi memadai sesuai kebutuhan pasar.

"Oleh karena itu kami menggelar bursa kerja luar negeri dalam rangka memenuhi permintaan tersebut, Kegiatan itu kami selenggarakan di Taman Budaya Denpasar hari ini," katanya.

Ia mengatakan pada kegiatan yang diselenggaran tersebut juga diisi sosialisasi tata cara mencari kerja luar negeri melalui pagelaran wayang kulit tradisional "Cenk Blonk.

"Selama ini masyarakat masih minim informasi tentang lowongan kerja luar negeri. Pemahaman pencari kerja tentang prosedur bekerja di luar negeri yang benar juga masih lemah sehingga mereka kerap dipermainkan para calo TKI," katanya.

Pageh lebih lanjut mengatakan saat ini ada ribuan lowongan kerja di luar negeri di antara untuk jasa kebugaran terapis sebanyak 4.050 permintaan, sektor lainnya seperti di kapal sungai, pengeboran minyak, tukang kayu, perkebunan sebanyak 878 lowongan kerja.

Ia mengatakan selain masyarakat umum atau pencari kerja, secara khusus BP3TKI Denpasar mengundang seluruh SMK di Bali khususnya siswa kelas III, pelatihan-pelatihan seperti jasa kebugaran, pelaut dan lain-lain untuk mendapatkan informasi bursa kerja luar negeri.

(ANT)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013