Kairo (ANTARA) - Dari Jalur Gaza yang dilanda kemiskinan hingga Lebanon yang dilanda krisis, umat Islam di Timur Tengah sedang sibuk bersiap menyambut tibanya perayaan Hari Raya Idul Adha dengan membeli hewan kurban, penganan manis, dan buah-buahan, meski harga-harga naik dan kondisi ekonomi kian sulit.

Idul Adha, hari raya terpenting bagi umat Islam yang juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban, jatuh pada Rabu (28/6), atau hari ke-10 Dzulhijjah, bulan terakhir dalam kalender Islam.

Berikut ini sekilas aktivitas umat Islam bersiap menyambut hari raya Idul Adha di sejumlah negara Timur Tengah yang terekam lensa kamera:
 
Seorang penjual memilihkan domba untuk para pelanggan di sebuah pasar ternak menjelang Hari Raya Idul Adha di Amman, Yordania, pada 23 Juni 2023. (Xinhua/Mohammad Abu Ghosh)
 
Seorang chef menyiapkan kue-kue yang akan dijual di tokonya menjelang Hari Raya Idul Adha di Amman, Yordania, pada 23 Juni 2023. (Xinhua/Mohammad Abu Ghosh)
 
Warga Suriah membeli penganan manis menjelang Hari Raya Idul Adha di sebuah pasar di Damaskus, Suriah, pada 26 Juni 2023. (Xinhua/Ammar Safarjalani)
 
Seorang pengungsi Suriah memeriksa seekor domba di sebuah pasar ternak di Baalbek, Lebanon, pada 27 Juni 2023. (Xinhua/Taher Abu Hamdan)
 
Warga Suriah terlihat di sebuah pasar ternak menjelang Hari Raya Idul Adha di Damaskus, Suriah, pada 27 Juni 2023. (Xinhua/Ammar Safarjalani)
 
Warga Palestina membeli penganan manis di sebuah pasar menjelang Hari Raya Idul Adha di Gaza City, pada 26 Juni 2023. (Xinhua/Rizek Abdeljawad)

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023