Nanjing (ANTARA) - Zona-zona pengembangan ekonomi dan teknologi tingkat negara di China berhasil menarik lebih dari 30.000 perusahaan yang didanai asing, kata Kementerian Perdagangan China pada Selasa (27/6).

Saat ini, negara itu memiliki 230 zona pengembangan serupa di 31 daerah setingkat provinsi yang menghimpun sekitar 4 juta perusahaan, sebut kementerian itu dalam sebuah acara yang mempromosikan zona-zona pengembangan ekonomi dan teknologi tersebut.

Sudah lebih dari 300 perusahaan Fortune 500 mendirikan kantor pusat atau pusat penelitian di zona-zona pengembangan tersebut.

Tahun lalu, zona-zona pengembangan ekonomi dan teknologi tingkat negara menghasilkan Produk Domestik Bruto (PDB) regional sebesar 15 triliun yuan atau 117 persen lebih besar dibandingkan dengan 2013.

Zona-zona pengembangan itu telah menjadi platform penting bagi integrasi ekonomi China ke dalam sistem industri global.

Chen Chunjiang, asisten menteri perdagangan, mengatakan China akan memangkas jauh lebih dalam lagi daftar negatif investasi asing dan penguatan pembukaan industri jasa modern.

Chen mengatakan, negara itu akan meningkatkan dukungan kebijakan guna mendorong inovasi dan menyempurnakan zona-zona pengembangan ekonomi dan teknologi tingkat negara.

Acara yang diadakan di Kota Nanjing itu diselenggarakan bersama oleh Kementerian Perdagangan China dan pemerintah Provinsi Jiangsu.

Sebagai bagian dari kegiatan "Tahun Berinvestasi di China", acara tersebut mengundang perwakilan berbagai organisasi internasional, kamar dagang asing, zona pengembangan ekonomi dan teknologi tingkat negara, serta perusahaan yang didanai asing agar menghadiri sejumlah dialog dan pertemuan penjajakan proyek.

Dengan fokus kepada ekonomi digital, sektor hijau dan rendah karbon, serta kendaraan energi baru, acara itu bertujuan membangun platform komunikasi bagi perusahaan-perusahaan didanai asing dan zona pengembangan ekonomi dan teknologi tingkat negara, serta memperkuat kerja sama investasi.

Pewarta: Xinhua
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023