Sudah ada dua orang lagi jamaah haji dari Embarkasi Makassar yang wafat di Arafah
Makassar (ANTARA) - Dua orang jamaah haji Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), wafat usai melaksanakan wukuf di Padang Arafah, Mekkah, Arab Saudi.

"Sudah ada dua orang lagi jamaah haji dari Embarkasi Makassar yang wafat di Arafah," kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel Ikbal Ismail melalui keterangan yang diterima di Makassar, Rabu.

Jamaah haji pertama yakni Muhammad Jafar Siama asal Gowa (58 tahun) dengan Kelompok Terbang (Kloter) 5 Embarkasi Makassar, wafat pukul 17.50 Waktu Arab Saudi (WAS) di MRC Mekkah karena mengalami stroke hemoragik. Kemudian Burhan Nais Ibrahim Musa (78 tahun) dari Kloter 12 meninggal dunia pada malam hari saat bersiap-siap menuju ke Muzdalifah. Keduanya akan dimakamkan di Mekkah.

Sebelumnya ada lima orang jamaah haji Embarkasi Makassar yang meninggal dunia yaitu Laupe Baco Cido (73 tahun) asal Kabupaten Bulukumba wafat di RS Arab Saudi pada 5 Juni, kemudian Rais Tuharea (76 tahun) asal Papua Barat wafat pada 11 Juni di Mekkah,  Faad Gafur Djima (73 tahun) asal Maluku Utara wafat di RSAS pada Jumat (23/6),  Muhammad Jabir Bin Dawile Lamang wafat pada Sabtu (24/6), dan Siti Rukia Ahmad Warang (59 tahun )wafat pada Senin (26/6).

Baca juga: Sebanyak 6.791 galon air zamzam tiba di Embarkasi Makassar

Dengan demikian sudah ada tujuh orang jamaah haji Embarkasi Makassar yang wafat di Mekkah.

Data Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar hingga hari terakhir telah memberangkatkan 16.889 calon haji, termasuk tenaga medis yang menjadi pendamping di setiap kloter. 

"Hingga hari terakhir ini sudah ada 43 kloter yang kami berangkatkan dan jumlahnya itu sudah 16.889 orang calon jamaah haji," ujar Humas PPIH Embarkasi Makassar Mawardi Siradj di Makassar.

Untuk pemberangkatan terakhir pada Rabu (21/6) malam yang tergabung dalam Kloter 43 rombongan dari berbagai daerah di Sulsel dan Sulawesi Barat (Sulbar). PPHI akan kembali bertugas setelah kedatangan jamaah haji di Embarkasi Makassar pada 5 Juli 2023.

Baca juga: PPIH Embarkasi Makassar total berangkatkan 16.889 calon haji
 

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023