Daya mampu sistem 9.999 MW, beban puncak sebesar 6.217 MW, sehingga cadangan daya sebesar 2.739 MW
Surabaya, Jatim (ANTARA) - PT PLN (Persero) menyiagakan sebanyak 4.233 personel, yang tersebar di 131 posko siaga, untuk mengamankan pasokan listrik di 488 lokasi sholat Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah di Jawa Timur.

General Manager PLN UID Jawa Timur Lasiran di Surabaya, Jatim, Rabu mengatakan ribuan personel tersebut terdiri atas pegawai, personel pekerjaan dalam keadaan bertegangan (PDKB) dan personel pelayanan teknik, personel pemeliharaan preventif, personel K3L, hingga personel UP2D.

"Siaga dimulai dengan apel gelar pasukan di masing-masing unit pelaksana untuk memastikan kesiapan personel dan peralatan menjaga keandalan pasokan listrik agar pelaksanaan sholat Idul Adha berjalan lancar dan masyarakat merasa nyaman. Mudah-mudahan berjalan lancar," katanya.

Personel PLN dilengkapi dengan 19 unit genset mobile, 224 unit gardu bergerak (UGB), 10 unit kubikel bergerak (UKB), 134 unit uninterruptible power supply (UPS), 387 mobil yantek, dan 688 sepeda ULC di 112 unit layanan pelanggan.

Lebih lanjut, ia menambahkan pasokan listrik aman dan cukup untuk memenuhi kebutuhan khususnya pada masa siaga hari raya Idul Adha yaitu 27 Juni 2023 sampai dengan 2 Juli 2023.

Daya mampu sistem 9.999 MW, beban puncak sebesar 6.217 MW, sehingga cadangan daya sebesar 2.739 MW.

"Prediksi beban puncak malam Idul Adha sebesar 4.980 MW. Sementara untuk prediksi beban puncak pada hari H Idul Adha sebesar 4.398 MW mengalami kenaikan sekitar 13,73 persen dibanding tahun lalu. Kondisi sistem Jawa Timur dan kepulauan aman dan tidak ada gangguan," ujar Lasiran.

PLN di Jawa Timur juga menyediakan 42 unit SPKLU yang berada di 23 titik lokasi antara lain di Surabaya yakni PLN Embong Wungu, WTC, PLN Nusantara Power Ketintang, Ayam Goreng Gringging, PLN UP3 Malang, ULP Kebonagung, ULP Singosari, ULP Batu, Rest Area 626 A, Rest Area 626 B Madiun Kertosono.

Selanjutnya PLN UP3 Madiun, PLN UP3 Situbondo, PLN ULP Probolinggo, Rest Area Utama Raya, PLN UP3 Pasuruan, PLN UP3 Gresik, PLN UP3 Sidoarjo, PLN ULP Tuban, PLN UP3 Mojokerto, PLN UP3 Kediri, PLN UP3 Jember, PLN UP3 Pamekasan, Rest Area Watudodol dan PLN UP3 Banyuwangi.

PLN mengimbau keterlibatan seluruh masyarakat untuk turut menjaga keandalan pasokan listrik dengan melaporkan potensi gangguan dan menjaga jarak aman pohon/bangunan dengan jaringan listrik melalui PLN Mobile.

Baca juga: PLN tambah pembangkit hijau hingga bangun SPKLU di Jatim
Baca juga: PLN UID Jatim nyalakan serentak pelanggan tegangan rendah dan menengah
Baca juga: Gubernur Jatim salurkan bantuan sambungan listrik di Tulungagung

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023