Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Kelompok Relawan Presiden RI Joko Widodo Solidaritas Merah Putih (Solmet) Silfester Matutina menilai Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka merupakan panutan bagi anak muda yang memberikan semangat untuk membangun Indonesia.

"Mas Gibran Rakabuming dan Bang Bobby Nasution (Wali Kota Medan) adalah role model yang sangat bagus untuk memberikan semangat kepada anak anak muda untuk terpanggil membangun Indonesia," kata Silfester, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Berikutnya, ia juga menilai bergabungnya putra sulung dan menantu Presiden Jokowi itu ke dunia politik tidak menyalahi peraturan perundang-undangan, nilai etika, ataupun moral.

Silfester lantas menyampaikan bergabungnya Gibran dan Bobby ke dunia politik justru dapat menjadi pendidikan politik bagi anak muda Indonesia.

Baca juga: Gibran sebut memenangkan kontestasi pilgub bukan perkara mudah

Penanggungjawab Gerakan Setia Tegak Lurus Jokowi itu berpandangan sejauh ini Gibran berhasil mendirikan dan mengembangkan berbagai bisnis.

Dia juga mampu menjadi kepala keluarga yang baik, bahkan dapat pula memimpin ratusan ribu warga Solo dengan berbagai kebijakan dan kerja keras untuk memajukan kota di Jawa Tengah itu.

"Gibran selama ini dikenal berhasil mendirikan dan mengembangkan berbagai bisnis, mampu menjadi kepala keluarga yang baik, dan mampu memimpin ratusan ribu warga Solo dengan berbagai kebijakan dan kerja keras untuk kemajuan Kota Solo," ucap dia.

Baca juga: Survei Parameter: Potensi Gibran jadi gubernur Jateng sangat besar

Hal yang disampaikan Silfester itu juga merupakan tanggapannya atas pernyataan pihak tertentu yang mengatakan Gibran belum memiliki banyak pengalaman sebagai pemimpin dan cenderung besar kepala.

Silfester juga menilai pernyataan itu berpotensi merendahkan anak-anak muda yang memiliki prestasi dan sedang bekerja keras untuk kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat Indonesia.

"Pernyataan seperti itu sangat tidak pantas dan merendahkan banyak anak muda yang sarat prestasi dan sedang bekerja keras untuk rakyat," ujarnya.

Baca juga: Gibran sebut dana hibah dari UEA dapat segera digunakan
Baca juga: Muhaimin Iskandar temui Gibran bahas politik

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023