pengambilan daging hewan kurban itu dimulai setelah shalat Dzuhur
Palembang (ANTARA) - Dewan Pimpinan Wilayah Juru Sembelih Halal (Juleha) Provinsi Sumatra Selatan melakukan proses penyembelihan terhadap Baba, sapi kurban milik Presiden Joko Widodo di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo Kota Palembang.

Kepala Bidang Humas DPW Juleha Sumsel Dedi Hendra di Palembang, Kamis, mengatakan sapi kurban tersebut berjenis Simental yang memiliki bobot seberat 990 kilogram.

Proses penyembelihan sapi kurban tersebut, katanya, dilakukan sesuai dengan syariat islam, yaitu sebelum proses penyembelihan sapi dibiarkan berpuasa selama 10 jam, namun tetap diberi air minum dan menjaga sapi dari gangguan baik dari cuaca panas maupun orang-orang, serta matanya ditutupi agar tidak stres pada saat penyembelihan.

Selanjutnya, memasuki tahapan menjatuhkan sapi kurban dengan menggunakan teknik belt atau sabuk, yakni mengikatkan tali pada pinggang dan bagian kaki kiri sapi untuk mengurangi keseimbangan, sebagaimana yang diajarkan pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Juleha.

Baca juga: DPKP Sumsel cek kesehatan sapi kurban Presiden Jokowi
Baca juga: Masjid Agung Palembang bagikan 1.500 kupon qurban


Setelah sapi tersebut terjatuh kaki depan dan belakang kemudian disembelih menggunakan pisau yang tajam dan dilakukan secara cepat agar sapi tersebut tidak merasakan kesakitan.

“Kemudian, pemotongan sapi kurban tersebut selesai, maka ikatan tersebut segera dilepaskan agar darah dapat memompa dengan baik, dan untuk memastikan sapi tersebut telah mati dibutuhkan waktu 2-3 menit,” jelasnya.

Selain itu, Juleha Sumsel bekerja sama dengan Yayasan Masjid Agung Palembang untuk menyembelih hewan kurban lainnya yang ada di masjid tersebut.

Sementara itu, Ketua Panitia Kurban Masjid Agung Palembang Faisol mengatakan pada tahun 2023, jumlah hewan kurban yang ada di masjid tersebut sebanyak 16 ekor sapi, dan 16 ekor kambing, dimana jumlah tersebut sama seperti tahun sebelumnya.

Ia menjelaskan pihaknya membagikan 3.000 kupon untuk masyarakat di sekitar Masjid Agung Palembang yang digunakan untuk pengambilan daging hewan kurban.

“Pembagian kupon tersebut dilakukan pada pukul 10.00 WIB, dan pengambilan daging hewan kurban itu dimulai setelah shalat Dzuhur,” jelasnya.

Baca juga: Sapi dari Jokowi dibagikan ke ratusan warga Mesuji
Baca juga: Presiden Jokowi dan Polri sumbang sapi kurban Masjid KH Hasyim Asy'ari
Baca juga: Presiden Jokowi bantu satu ekor sapi kurban bagi umat muslim di NTT

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023