London (ANTARA News) - Ratu Inggris Elizabeth II dirawat di rumah sakit pada Ahad (3/3) akibat gejala gastroentritis, demikian pernyataan Istana Buckingham.

Istana Kerajaan Inggris itu menggambarkan Ratu Elizabeth sebagai "dalam semangat baik", sedangkan tindakan tersebut adalah "langkah pencegahan". Gastroentritis adalah radang di perut dan usus; mungkin disebabkan oleh bakteri Salmonella enteritidis.

"Ia tidak serta-merta dibawa ke rumah sakit setelah merasakan gejala itu. Ini cuma untuk memungkinkan dokter memeriksa dia dengan lebih baik," kata juru bicara istana.

Ratu Inggris tersebut sekarang dirawat di Rumah Sakit Raja Edward II, tempat Kate Middleton menetap setelah ia hamil, lapor Xinhua.

Jadwal kunjungan ke Italia dibatalkan karena alasan kesehatan Ratu Elizabeth tersebut.

Ratu Elizabeth II, yang akan berusia 87 tahun pada April, sejak dulu selalu berada dalam kondisi sehat. Itu adalah untuk pertama kali dalam 10 tahun ia dibawa ke rumah sakit. Terakhir ia masuk rumah sakit saat ia menjalani operasi lutut pada 2003.

Sementara itu, suaminya, Duke of Edinburgh, tampaknya tidak terlalu sehat tahun lalu. Ia dirawat di rumah sakit sebanyak tiga kali, tak hadir dalam upacara pembukaan Paralimpik dan perayaan "Diamond Jubilee" Ratu Inggris tersebut. (C003)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013