Jakarta (ANTARA) -
Ayam bakar selalu disukai banyak orang terlebih saat mengadakan acara baik di rumah maupun restoran.
 
Untuk mendapatkan sajian ayam bakar atau ayam panggang lezat, tentu harus melalui beberapa tahap seperti pemilihan kualitas ayam dan marinasi.
 
Dikutip dari Insider, Sabtu, seorang koki restoran membagikan tips untuk membuat ayam bakar yang lezat.
 
Pertama, dan terpenting, belilah ayam yang baik dari sumber terpercaya. Istilah seperti organik dan free range (jelajah bebas) sering kali tidak jelas dan tidak sesuai dengan label yang diberikan.

Berdasarkan standar Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) ada klasifikasi label pada ayam yang dijual. Nilai A berarti ada rasio lemak ke kulit yang baik dan tidak ada perubahan warna, sementara nilai B dan C biasanya digunakan untuk daging giling.

Cari yang bebas kandang, bebas antibiotik, dan halal, yang semuanya mengacu pada cara pemeliharaan dan pengolahan ayam. Faktor-faktor tersebut, secara terpisah atau digabungkan, menghasilkan ayam yang secara konsisten enak.

Baca juga: 10 tips memasak daging agar lebih empuk
 
Kedua, tentukan apakah ingin ayam dengan tulang. Daging dengan tulang dan kulit rasanya lebih enak karena lapisan lemak ekstra  memberi rasa dan kelembapan pada ayam saat dimasak.
 
Ketiga, bereksperimenlah dengan memanggang ayam utuh dengan gaya spatchcock atau tanpa sumsum tulang belakang. Dengan cara itu, ayam akan tetap rata pada panggangan sehingga akan matang secara merata di atas api dan semua orang masih dapat menikmati potongan favoritnya.
 
Sayap panggang adalah cara yang bagus untuk memberi makan orang banyak dan ukurannya yang kecil berarti mereka akan termasak dengan cepat. Dada ayam juga populer karena suatu alasan, tetapi, memiliki ketebalan yang tidak rata.

Ketika memasak dada ayam, potong daging tersebut menjadi dua atau satu pon rata supaya matang secara merata.
 
Pastikan ayam termarinasi dengan baik dengan cairan asam dan garam. Cairan asam bisa didapat dari lemon, limau, jeruk, cuka, dan bahkan anggur atau bir.
 
Garam memecah protein dan menarik bumbu yang dapat memberi rasa dan tekstur. Garam akan menarik kelembapan dari daging dan kemudian diserap kembali.

Cukup taburkan lapisan tipis gram ke seluruh daging dan rencanakan untuk mengasinkan setidaknya satu hari sebelum dimasak. Untuk hasil terbaik, rendam selama beberapa jam atau semalam sebelum dimasak.

Baca juga: Kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula dalam memasak
 
Keempat, jika ingin menambahkan saus seperti barbecue, jangan memberinya terlalu dini. Saus yang dibuat dengan gula akan gosong di atas api terbuka dan bisa berubah menjadi arang hitam jika terlalu dekat dengan api.
 
Sebagai gantinya, oleskan saus saat sebagian besar daging sudah matang. Saus BBQ paling baik digunakan sebagai alat pengoles tepat sebelum disajikan sehingga semua rasa bisa didapat.
 
Kelima, sepotong ayam yang matang sepenuhnya adalah 165 derajat Fahrenheit atau 73,8 derajat celcius pada bagian paling tebal.

Jika ada tulang, ayam akan mudah bergoyang pada rongga. Ketika memasak ayam tanpa tulang, tusuk dengan pisau, jika bersih, berarti ayam sudah matang.
 
Terakhir, jika memasak potongan dada ayam yang lebih besar atau lebih tebal, panggang di atas api tidak langsung sebelum atau sesudah permukaannya hangus, terutama jika ingin memastikan dada ayam matang seluruhnya.
 
Tambahkan beberapa serpihan kayu ke panggangan gas atau arang untuk rasa ekstra, tetapi, panggangan tetap ditutup agar panas di dalam merata ke ayam.

Baca juga: Resep ayam bakar bumbu rujak yang dimasak di "air fryer"

Baca juga: Baru gajian? Saatnya eksplor "street food" di Jakarta

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023