Ruang parkir dimaksimalkan. Ini untuk mengantisipasi lonjakan penumpang secara tiba-tiba
Merak (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyatakan tingginya aktivitas masyarakat yang melakukan penyeberangan ke Bakauheni, Lampung atau sebaliknya ke Merak, Banten dalam rangkaian libur panjang Idul Adha, membuat penanganan penumpang disamakan dengan saat mudik Lebaran atau Idul Fitri.

General Manager ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Suharto di Merak, Sabtu, mengatakan pihaknya berusaha memberikan layanan terbaik dengan membuat flow seperti pada penanganan kepadatan kendaraan pada musim angkutan mudik Lebaran lalu.

"Ruang parkir dimaksimalkan. Ini untuk mengantisipasi lonjakan penumpang secara tiba-tiba," katanya.

"Karena kan mereka yang masuk harus sudah memiliki tiket. Tapi kalau mereka yang memiliki tiket tentu kita langsung arahkan ke jalur antrean menuju dermaga. Areal parkir dengan kapasitas sebanyak 5.349 unit kendaraan kecil," kata Suharto menambahkan.

Terkait dengan traffic pengguna jasa penumpang dengan kendaraan berdasarkan data penumpang yang tercatat di ASDP Merak, rata-rata kendaraan yang menyeberang sebanyak 7.000 unit per harinya, namun pada libur panjang Idul Adha naik menjadi 9.000 unit per hari.

Sementara untuk jumlah penumpang, baik dari pejalan kaki maupun penumpang dalam kendaraan, jika hari biasa rata-rata sekitar sebanyak 24 ribu penumpang per harinya, kini tercatat ada kenaikan rata-rata sebanyak 39 ribu penumpang per harinya atau naik sebesar 40 persen.

"Jadi untuk libur panjang lebaran Idul Adha tahun ini, kalau dilihat dari rata-rata harian, pada kendaraan itu naiknya hingga 30 persen tapi kalau untuk penumpangnya rata-rata hariannya itu di angka 40 persen," kata Suharto menegaskan.

Secara keseluruhan jumlah penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni tercatat sejak 1 Juni sebanyak 906.874 orang penumpang pejalan kaki dan penumpang dalam kendaraan, serta sebanyak 220.729 unit kendaraan yang telah diseberangkan, di mana 99.687 unit diantaranya merupakan kendaraan pribadi.


Baca juga: ASDP tambah trip penyeberangan ke Sabang selama libur Idul Adha
Baca juga: ASDP Ferry tingkatkan kesiapan lonjakan arus penumpang
Baca juga: ASDP Ferry tawarkan liburan ke Kawasan Bakauheni Harbour City 

Pewarta: Susmiatun/Bayu Kuncahyo
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023