"Itu saya kira sangat wajar diberikan semacam reward atau pun memotivasi atas inisiatif dan kerja kerasnya dalam pengungkapan persoalan atau perkara. Wajar kalau diberikan penghargaan, karena yang dijerat atau dibegal selamat dan tanpa ada korban jiw
Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Bupati Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu Syamsul Effendi memberikan apresiasi kepada anggota kepolisian setempat yang berhasil menangkap tangan pelaku perampokan kendaraan bermotor (begal) di Jalan Lintas Bengkulu-Sumatera Selatan.

"Itu saya kira sangat wajar diberikan semacam reward atau pun memotivasi atas inisiatif dan kerja kerasnya dalam pengungkapan persoalan atau perkara. Wajar kalau diberikan penghargaan, karena yang dijerat atau dibegal selamat dan tanpa ada korban jiwa," kata dia usai menghadiri syukuran Hari Bhayangkara 2023 di Mapolres Rejang Lebong, Sabtu.

Dia menjelaskan apresiasi ini diberikannya atas keberhasilan anggota Polri karena dalam waktu singkat dan cepat seperti yang dilakukan anggota Polsek Bengko, Kecamatan Sindang Dataran pada Kamis pagi (29/6), tepat saat Hari Raya Idul Adha kemarin yang berhasil menangkap tangan pelaku begal yang beraksi di Jalan Lintas Curup-Linggau, Sumsel, tepatnya di wilayah Kecamatan Binduriang.

Dia berharap situasi kamtibmas di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau dan seluruh wilayah Rejang Lebong akan terus kondusif, apalagi saat ini sudah mendekati pemilu serentak sehingga diperlukan kerjasama antar instansi serta masyarakat untuk menciptakan dan menjaga kamtibmas agar tetap kondusif.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Juda Trisno Tampubolon menyebutkan pada peringatan Hari Bhayangkara 2023 ini anggota polres setempat yang berprestasi termasuk diberikan kepada Brigpol Nova Andrian Saputra anggota Polsek Bengko yang berhasil menangkap pelaku pencurian dengan kekerasan yang di jalan lintas penghubung Bengkulu-Sumsel.

"Harapannya dengan pemberian penghargaan ini menjadikan motivasi bagi anggota lainnya untuk menunjukkan jati diri sebagai seorang anggota Polri, jati diri seorang bhayangkara agar membantu masyarakat, agar peka terhadap kebutuhan masyarakat dan juga harapannya bisa dicintai masyarakat," terangnya.

Sementara itu Brigpol Nova Andrian Saputra usai menerima penghargaan mengaku jika aksi yang dilakukannya itu secara spontan mana kala dirinya bersama dengan keluarganya hendak menuju Kota Lubuklinggau dan saat tiba di TKP melihat adanya tindak kejahatan pembegalan.

"Awalnya saya mau mengantar istri berlebaran ke Kota Lubuklinggau, setelah itu ada perintah dari pak Kapolsek untuk ke Sinar Gunung. Saat sampai di Desa Simpang Beliti tepatnya di dekat Jembatan Dua, waktu itu pelaku dua orang sedang melakukan ponodongan terhadap korban," ujarnya.

Melihat perbuatan itu dirinya langsung menghentikan kendaraannya roda empat miliknya dan langsung turun dan melepaskan tembakan ke atas dua kali, kemudian menangkap tersangka yang berupaya kabur setelah berkelahi dengan korbannya sehingga berhasil ditangkap serta diserahkan ke Polsek Padang Ulak Tanding.

Penangkapan pelaku begal MP alias Puja (18) warga Desa Kampung Jeruk, Kecamatan Binduriang, Kabupaten Rejang Lebong saat merampok korban Dimas (21) warga Kecamatan Curup Timur yang mengendarai sepeda motor merek Yamaha Vega R pelat BD 6024 FA oleh Brigpol Nova ini menjadi viral di media sosial setelah warga merekam dan mengunggahnya.

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023