Kita juga meminta pihak pemerintah kota turut memberikan perhatian khusus terkait kasus kekerasan seksual yang menimpa anak di bawah umur
Batam (ANTARA) - Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Marlin Agustina mengimbau warga di Kota Batam untuk memperkuat pengawasan terhadap anak guna menekan kasus kekerasan seksual yang cukup tinggi di daerah itu.

"Kita juga meminta pihak pemerintah kota turut memberikan perhatian khusus terkait kasus kekerasan seksual yang menimpa anak di bawah umur. Pemerintah provinsi  hanya koordinasi, tapi yang punya daerah harus peduli dengan daerahnya masing-masing," kata Marlin di Batam, Sabtu.

Menurutnya, pengawasan terhadap anak merupakan hal yang penting karena menyangkut masa depan bangsa.

Dalam pengawasannya, tentu peran kedua orang tua dan lingkungan sekitar juga diperlukan.

"Kami akan terus meningkatkan pengawasan. Dari kemarin kami juga sudah berupaya mengawasi. Tapi inilah integrasi keluarga dan komunikasi itu penting agar kita awasi bersama-sama," ujar dia.

Ia mengatakan Kota Batam melalui dinas-dinas terkait memiliki strategi tersendiri untuk menekan angkat tersebut.

"Seperti di kota Batam pasti punya lembaga sendiri. Begitu juga daerah lainnya. Saya yakin dengan gotong royong semua akan terselesaikan," kata dia.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Batam memberikan pendampingan bagi para korban kekerasan seksual baik terhadap anak maupun perempuan di daerah setempat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (DP3AP2 dan KB) Kota Batam, Novi Harmadyastuti mengatakan unit pelaksana teknis daerah (UPTD) milik DP3AP2 yang berada di Sekupang siap menerima laporan dari masyarakat jika menemukan kasus kekerasan seksual.

"Apabila terjadi kekerasan, silakan lapor ke UPTD. Ada pendampingan dan advokasi," kata Novi.

Berdasarkan data dari DP3AP2 dan KB Kota Batam per awal Juni 2023 ada 47 kasus kekerasan terhadap anak dan 10 kasus terhadap perempuan.

Baca juga: Anak di daerah juga punya risiko tinggi terkait kasus kekerasan daring
Baca juga: DP3A Sulteng imbau warga laporkan kekerasan pada perempuan dan anak
Baca juga: KPAI dampingi penyelesaian kasus kekerasan pada pekerja anak Lampung


Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023