Kami belum bisa mengikuti pameran di luar negeri termasuk negara anggota ASEAN karena terbentur dana.
Cianjur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, Jawa Barat meminta pengelola hotel yang ikut dalam pameran atau promosi hotel di negara ASEAN untuk memperkenalkan objek wisata unggulan di Cianjur, sebagai upaya menarik wisatawan luar negeri untuk berkunjung.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Cianjur Ahmad Danial saat dihubungi, Sabtu, mengatakan dalam pameran yang diikuti sejumlah pengelola hotel di Cianjur, pihaknya juga menitipkan sejumlah produk unggulan UMKM sebagai penunjang.

"Kami belum bisa mengikuti pameran di luar negeri termasuk negara anggota ASEAN karena terbentur dana, namun selama ini respons yang cukup tinggi setelah pengelola hotel ikut mempromosikan berbagai objek wisata saat menjadi peserta pameran di luar negeri," katanya.

Pihaknya meminta pengelola hotel yang ikut dalam pameran hotel di luar negeri termasuk di sejumlah negara anggota ASEAN, menyisipkan promosi objek wisata yang dimiliki Kabupaten Cianjur, termasuk membawa produk unggulan UMKM asal Cianjur.

Beberapa tahun yang lalu, ujar Danial, pengelola hotel berbintang di kawasan Puncak-Cipanas yang mengikuti pameran hotel di Singapura dan Malaysia serta di Eropa sempat membawa peta wisata Cianjur dan produk UMKM jenis batik dan kerajinan tangan lainnya.

"Hasilnya cukup membanggakan, karena angka kunjungan wisatawan dari sejumlah negara anggota ASEAN yang datang ke sejumlah objek wisata di Cianjur meningkat. Untuk tahun ini, kami menargetkan angka kunjungan wisatawan asing bisa mencapai ratusan ribu orang," katanya pula.

Untuk mempromosikan objek wisata andalan di Cianjur, pihaknya juga melibatkan sejumlah selebgram asal Cianjur yang memiliki pengikut di media sosialnya dari dalam dan luar negeri, seperti Malaysia, Singapura, dan negara lainnya di dunia.

Selama ini angka kunjungan wisatawan terutama dari negara anggota ASEAN, setiap tahunnya mencapai puluhan ribu orang didominasi wisatawan asal Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand dan negara lainnya dengan objek wisata yang banyak dikunjungi Kebun Raya Cibodas dan Taman Bunga Nusantara.
Baca juga: Objek wisata pantai selatan Cianjur dipadati ribuan pengunjung
Baca juga: Pemkab Cianjur libatkan PHRI dalam promosi objek wisata

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023