Hong Kong (ANTARA) - Di zona pengalaman budaya Tang di Victoria Park di Hong Kong, para wanita berkostum Dinasti Tang (618-907) yang elegan menari dengan riang gembira pada Sabtu (1/7) waktu setempat.

Berpakaian layaknya seorang gadis muda dalam balutan kostum Dinasti Tang, Nona Lee, seorang warga Hong Kong, berswafoto menggunakan ponselnya dengan berlatar lampion-lampion berwarna merah di bawah sinar matahari.

Sabtu (1/7) menandai peringatan 26 tahun kembalinya Hong Kong ke pangkuan China. Lee dan teman-temannya mengunjungi Victoria Park untuk merayakan hari istimewa tersebut.

"Dekorasi di sini sangat cocok dengan kostum (Dinasti) Tang," ujar Lee.

Wan Miu-ling (67), seorang warga Hong Kong, menunggu selama dua setengah jam di tengah cuaca panas yang menyengat dan akhirnya duduk di bagian tata rias wajah.
 
   Wan Miu-ling (67), seorang warga Hong Kong, merias wajahnya saat berpartisipasi merayakan peringatan 26 tahun kembalinya Hong Kong ke China di Victoria Park, Hong Kong. Zona budaya yang digelar di Victoria Park itu membawa warga Hong Kong berkelana ke era Dinasti Tang. (Xinhua)

"Saya menyukai kostum dari berbagai dinasti di China, dan kostum Tang merupakan yang paling indah," kata Wang, sembari menyatakan kepuasannya terhadap tata rias wajah dan gaya rambut yang dirancang oleh para penata rias.

Wang menuturkan bahwa dirinya mengagumi budaya tradisional China. "Setelah pensiun, saya mulai mempelajari Yi Jing, atau Kitab Perubahan, dan Analek Konfusius. Saya terus mempelajarinya karena saya adalah warga China," tambahnya.

Pengalaman budaya yang begitu imersif ini sangat disukai oleh masyarakat Hong Kong. Banyak warga setempat memadati taman itu untuk menjajal pakaian bergaya Han, kostum tradisional warga etnis Han China.

Wang Ning, seorang perwakilan dari zona pengalaman berpakaian gaya Han di taman tersebut, menyampaikan kepada Xinhua bahwa terdapat 120 set gaya kostum berbeda yang dapat dipilih oleh warga.

"Tampaknya kostum tradisional China sangat populer di kalangan warga Hong Kong," kata Wang.

Di sudut lainnya, anak-anak dari berbagai usia duduk tenang di dekat meja untuk membuat kerajinan tangan.
 
   Seorang pelajar sekolah dasar kelas enam bermarga Lee sedang membuat kipas berbentuk bulan, yang populer pada era Dinasti Tang. Lee menghias kipas itu dengan hati-hati dan menulis kata "damai" di bagian yang kosong. (Xinhua)

"Saya mendengar kabar bahwa ada zona pengalaman budaya tradisional di tempat ini, jadi saya mengenakan pakaian bergaya Han untuk berpartisipasi dalam acara tersebut," ujar Chui Wai-sze, seorang mahasiswa setempat.

"Saya telah mengunjungi banyak tempat di China Daratan dan budaya tradisional China benar-benar indah. Anak muda di Hong Kong harus berkunjung ke China Daratan dan merasakan pesona dari berbagai dinasti di China," imbuh Chui.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023