Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali mengingatkan peringatan HUT Ke-62 Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) TNI AL harus menjadi momentum mengevaluasi diri dan kinerja.

Dia menyampaikan peringatan HUT jangan hanya sebatas seremoni/upacara yang digelar rutin tiap tahun.

“Peringatan hari ulang tahun yang ke-62 Kolinlamil hendaknya tidak hanya sekadar kegiatan seremonial rutin belaka. Namun, (itu) menjadi momentum untuk mengevaluasi diri, sejauh mana peran dan kiprah Kolinlamil dalam mengabdi kepada bangsa dan negara,” kata Laksamana Ali saat memberikan amanat dalam upacara HUT Ke-62 Kolinlamil di Mako Kolinlamil, Jakarta, Senin.

Oleh karena itu, dia lanjut mengingatkan tema peringatan HUT Ke-62 Kolinlamil, “Kolinlamil Kuat, Angkatan Laut Hebat, TNI Maju Bersama Rakyat, Indonesia Bangkit Lebih Cepat” perlu dibuktikan dan diwujudkan dalam aksi-aksi yang konkret.

Dalam amanatnya, Kasal juga menekankan peran penting Komando Lintas Laut Militer TNI AL, yang saat ini dipimpin oleh Laksamana Muda (Laksda) TNI Edwin, dalam menjaga angkutan laut dan pertahanan maritim Indonesia.

“Hadirnya Kolinlamil memiliki makna strategis yaitu membantu pemerintah dalam upaya penguatan konektivitas maritim, pengelolaan sumber daya kelautan yang berkelanjutan, serta perlindungan dan pengamanan laut,” kata Laksamana Ali.

Dia melanjutkan dalam kurun lebih dari 6 dasawarsa Kolinlamil secara konsisten mendukung terwujudnya TNI AL yang profesional, modern, dan tangguh.

“Ini dibuktikan melalui pembangunan kualitas SDM pengawak KRI, pemeliharaan dan perbaikan kapal perang secara terencana, serta pengembangan teknologi tinggi, dan strategi angkutan laut militer yang lebih tinggi,” kata Kepala Staf TNI AL.

Dalam peringatan HUT itu, Kasal pun mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Panglima Kolinlamil Laksda TNI Edwin dan prajurit Kolinlamil atas dedikasi dan pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Gelora semangat yang kalian teriakkan adalah nyala api yang berkobar dalam diri setiap prajurit. Tidak ada batas untuk ambisi dan keinginan kalian dalam menjalankan tugas mulia, ketangguhan, dan kecakapan menjadikan kalian pioneer dalam menjawab panggilan tugas. Dirgahayu ke-62 Komando Lintas Laut Militer,” kata Laksamana Ali.

Dalam kesempatan yang sama, Kasal lanjut memberikan lima instruksi kepada prajurit TNI AL sebelum mengakhiri amanatnya.

“Pertama, perkuat kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dalam pelaksanaan tugas. Kedua, tingkatkan kualitas diri sebagai prajurit matra laut yang profesional dan berdedikasi tinggi dengan berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Trisila TNI AL,” kata Laksamana Ali.

Ketiga, dia menginstruksikan jajaran prajurit di Kolinlamil untuk melaksanakan pembinaan dan pengawakan alutsista dengan sebaik-baiknya untuk mencapai kesiapan operasional yang tinggi.

“Keempat, aktualisasikan zero accident dengan meningkatkan purba jaga dan mitigasi risiko,” kata Laksamana Ali.

Terakhir, dia mengingatkan jajarannya untuk memperkuat sinergi antara TNI dan Polri serta masyarakat dan komponen bangsa lainnya dalam memperkokoh persatuan.

Dalam peringatan HUT Ke-62 Kolinlamil, acara dimeriahkan berbagai pertunjukan, di antaranya atraksi debus, bela diri, dan musik. Di lokasi yang sama, Kasal juga menyerahkan tanda kehormatan Satyalencana Kesetiaan kepada perwakilan prajurit yang setia berdinas di TNI AL selama 8 tahun, 16 tahun, dan 32 tahun.

 
Baca juga: KSAL resmikan dua kapal perang buatan PT PAL Indonesia

Baca juga: Kasal RI dan Wali Kota Makassar resmikan monumen MNEK

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023