Kita upayakan BPIH tidak naik...
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Sayed Fuad Zakaria, mengatakan anggota dewan akan mengupayakan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2013 tidak naik.

"Kita upayakan BPIH tidak naik dengan meningkatkan dana optimalisasi sehingga subsidi bertambah. Untuk tahun 2012 sebesar Rp10 juta per orang. Dan untuk tahun 2013 Rp12 juta per orang," kata Sayed sebelum rapat kerja soal BPIH 1434/2013 dengan Kementerian Agama di Gedung MPR/DPR/DPD RI Jakarta, Selasa.

Menurut Sayed, Komisi VIII DPR RI akan mendengarkan laporan Kementerian Agama soal biaya haji dan pemondokan bagi jemaah haji Indonesia di Saudi Arabia dalam rapat kerja hari ini.

"Untuk saat ini, ongkos haji belum ditetapkan," kata dia.

Ia menjelaskan, setelah mendengarkan laporan Kementerian Agama, Panja BPIH Komisi VIII yang terdiri atas dua tim akan memeriksa pemondokan serta pelayanan katering untuk haji Indonesia di Saudi Arabia pekan depan.

Sayed juga mengatakan bahwa menurut laporan sementara, ada kenaikan harga sewa pemondokan di Makkah karena sedang ada proyek perluasan Masjidil Haram.

"Secara umum di sana terjadi kenaikan harga pemondokan, naik sekitar 20 persen. Tapi Tim dari Kemenag terus bernegosiasi. Kita harapkan tak lebih 5600 real untuk sewa pemondokan. Kalaupun naik, tak banyak lah," kata Sayed.

(zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013