Jakarta (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyatakan, sembilan kelurahan terendam karena tinggi muka air di Pintu Air Katulampa mencapai 250 sentimeter setelah hujan semalam.

"Hingga pukul 10.20 WIB ada sembilan kelurahan yang terendam," kata Kepala Bidang Informatika dan Pengendalian BPBD DKI Jakarta, Edy Junaedi Harahap, di Kantor BPBD DKI Jakarta, Selasa.

Kampung Melayu, menurut dia, merupakan daerah yang areanya paling banyak terendam. Delapan rukun warga di daerah itu tergenang.

Sementara daerah dengan genangan air paling tinggi ada di daerah Kampung Pulo, dimana genangan air tingginya sampai 250 sentimeter.

Tinggi genangan air di Kelurahan Kampung Melayu antara 30 sentimeter sampai 250 sentimeter dan di Kelurahan Cawang 50-250 sentimeter.

"Karena kan itu memang badan sungai, lokasinya saja radius 15 meter dari bantaran sungai," kata Edy.

Menurut dia, saat ini ada sekitar 2.406 pengungsi yang berlindung di 17 lokasi pengungsian, kebanyakan pengungsi dari Kelurahan Cawang (1.850 orang).

"Itu yang baru kami rekam," katanya.

Menurut Edy, BPBD sudah menyiapkan bantuan sejak mendapat informasi kenaikan muka air di Katulampa. "Karena sudah dapat info dari jam 17.00 WIB, kami langsung kirim peringatan dini ke kepala SKPD daerah yang dilintasi Ciliwung," katanya.

(dny)

Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013