London (ANTARA) - Sebuah pertunjukan tarian China digelar di London timur pada Sabtu (1/7) malam waktu setempat, menyuguhkan pesta budaya indrawi kepada penonton setempat.

Festival Tarian Jalur Sutra yang digelar untuk kali kedua itu menampilkan berbagai gaya tarian China, termasuk tarian Dunhuang, tarian kontemporer, tarian klasik, dan tarian etnik, seperti tarian Tibet dan tarian Mongolia Dalam.

"Kami telah melihat begitu banyak jenis tarian dari berbagai daerah di China dan tariannya sangat indah dan sangat elegan," ujar seorang penonton bernama William Adlington usai menyaksikan pertunjukan tersebut.

Terkesan dengan tarian yang menampilkan kipas sutra China dan gerakan lengan panjang, Adlington mengatakan bahwa dirinya menyukai "aksi yang mengalir" dari berbagai kostum dan properti.

"Kami, di London, dianugerahi dengan komunitas beragam, misalnya komunitas Tionghoa, dan dapat menyaksikan pertunjukan yang luar biasa seperti ini," ungkap Adlington.
 
   Program tarian tersebut dibawakan bersama oleh para penari dari berbagai kelompok usia dan latar belakang, termasuk penari profesional, mahasiswa China di Inggris, serta pelajar dari sekolah menengah dan sekolah dasar setempat


Festival Tarian Jalur Sutra, yang diselenggarakan oleh UK China Performing Arts (UKCPA), memulai debutnya pada 2019 namun harus vakum selama empat tahun akibat pandemi COVID-19.

"Kami menyelenggarakan Festival Tarian Jalur Sutra guna menciptakan platform bagi semua orang untuk berbagi semangat dan menikmati tarian China bersama," kata Zhou Hangyu, pendiri UKCPA. 
 
 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2023