Wisatawan domestik yang menginap di hotel berbintang naik 26,03 persen dan tamu asing turun 26,32 persen.
Pangkalpinang (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mencatat jumlah wisatawan yang menginap di hotel bintang Babel pada Mei 2023 mencapai 42.302 orang, atau naik 25,41 persen dibandingkan bulan sebelumnya 33.730 orang.

"Wisatawan domestik yang menginap di hotel berbintang naik 26,03 persen dan tamu asing turun 26,32 persen," kata Kepala BPS Kepulauan Babel Toto Haryanto Silitonga, di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan jumlah wisatawan domestik lebih mendominasi dibandingkan wisatawan asing. Dari total 42.302 orang wisatawan tersebut, sebesar 99,30 persennya adalah wisatawan domestik/nusantara, sementara sisanya wisatawan mancanegara (wisman).

"Peningkatan kunjungan wisatawan ini, karena bertambahnya penyelenggaraan paket meeting, setelah sempat menurun pada bulan sebelumnya karena adanya momen puasa ramadhan," katanya pula.

Dia menyatakan rata-rata Lama Menginap Tamu (RLMT) keseluruhan pada Mei 2023 untuk hotel bintang adalah selama 1,67 hari. Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, para tamu mengalami peningkatan lama menginap selama 0,17 hari.

"Tamu asing cenderung menginap lebih lama dibandingkan tamu domestik. Rata-rata lama menginap antara tamu asing dan tamu domestik masing-masing sebesar 2,42 dan 1,66 hari," katanya lagi.

Menurut dia, ini menunjukkan bahwa tamu asing cenderung menghabiskan waktu lebih lama atau lebih dari dua hari untuk menginap pada akomodasi hotel berbintang dibandingkan tamu domestik.

"Rata-rata lama menginap di Pulau Belitung menjadi yang tertinggi pada Mei 2023. Tamu cenderung menghabiskan waktu dua hari (2,03 hari) untuk menginap pada akomodasi hotel bintang di daerah tersebut," kata dia. 
Baca juga: Satpolair Bangka Barat tingkatkan pengawasan pengunjung pantai
Baca juga: BPS: Kunjungan tamu hotel di Babel naik 14,19 persen

Pewarta: Aprionis
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023