Makassar (ANTARA) - Sejumlah Ormas Islam yang tergabung dalam Aliansi Ummat Islam Sulawesi Selatan mengeluarkan pernyataan sikap dukung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat mengeluarkan fatwa sesat terhadap Pondok Pesantren Al-Zaytun.

Melalui keterangan resminya di Makassar, Senin, Ketua Aliansi Nasional Anti Syiah (ANNAS) Sulsel Ustadz Farid Ma’ruf Nur membacakan maklumat itu, menyatakan mendukung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat untuk segera mengeluarkan fatwa kesesatan Pondok Pesantren Al Zaytun.

“Kami mendukung penuh MUI Pusat untuk segera mengeluarkan fatwa sesat atas Pondok Pesantren Al-Zaytun, yang berada di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat,” ujarnya didampingi puluhan aktivis dari gabungan ormas Islam, di Markas Laskar Pemburu Aliran Sesat (LPAS) di Kota Makassar, Senin.

Selain itu, Aliansi Ummat Sulawesi Selatan juga meminta dan mendesak pihak Mabes Polri untuk mengusut dugaan praktek kesesatan dan tindak pidana penistaan agama yang dilakukan Panji Gumilang selaku pimpinan Ponpes Al-Zaytun.

Baca juga: Panji Gumilang penuhi panggilan Penyidik Bareskrim Polri

Baca juga: Mahfud tekankan penyelesaian Al Zaytun lewat tiga pendekatan


Selanjutnya, pemerintah juga didesak agar segera mencabut izin operasional dan membekukan Ponpes Al-Zaytun.

“Kami juga meminta dan mendesak agar pemerintah segera mencabut izin operasional pondok tersebut dan membekukannya secara kelembagaan,” kata Ustadz Farid.

Panglima LPAS Indonesia Shiddiq menambahkan persoalan Ponpes Al-Zaytun beserta dengan pimpinannya Panji Gumilang, adalah masalah serius yang harus segera diselesaikan pemerintah, dan tidak boleh dibiarkan berlarut-larut.

“Kalau dibiarkan masalah ini berlarut-larut, bisa memicu gesekan dan benturan di lapangan, sehingga persoalan ini harus diselesaikan secepatnya,” ujarnya menegaskan.

Adapun Ormas yang tergabung di aliansi Ummat Islam Sulawesi Selatan yaitu Mabes LPAS Indonesia, PA 212 Sulsel, GNPF Ulama Sulsel, Annas Sulsel, ANAK NKRI (Aliansi Nasional Anti Komunis), LMPI Panakukang, Yayasan Darut Taubah Makassar.

Lalu, Forum Santri, Forum Arimatea Sulsel, dan Forum Pemuda Islam Makassar.*

Baca juga: Bareskrim belum terima konfirmasi kehadiran Panji Gumilang

Baca juga: Gubernur Jabar sebut polemik Al Zaytun diputuskan pekan depan

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023