Banda Aceh (ANTARA) - Anggota Komisi III DPR RI M Nasir Djamil mengupayakan pemulangan seorang pekerja migran Indonesia (PMI) asal Aceh Timur, Provinsi Aceh, Rita Zahara (26) yang telantar di Arab Saudi.

“Saya terus mengupayakan agar Rita Zahara bisa kembali ke Aceh," kata Nasir Djamil, di Banda Aceh, Senin.

Informasi mengenai Rita, kata Nasir, diketahui dirinya pertama kali melalui Ketua Persaudaraan Aceh Serantau (PAS) Akhyar Kamil yang saat ini berada di Arab Saudi dalam kegiatan ibadah haji.

"Saya juga berkomunikasi langsung dengan Ketua PAS yang sedang di Arab Saudi, kita akan mencari cara dan mendalami proses yang harus ditempuh untuk Rita,” ujarnya.

Baca juga: PMI asal Banten jadi korban kekerasan majikan di Arab Saudi
Baca juga: Pemerintah amankan PMI di Arab Saudi yang viral di media sosial


Ia mengatakan Rita merupakan PMI yang sejak Maret 2023 dipekerjakan sebagai asisten rumah tangga (ART). Namun, saat ini yang bersangkutan lari dari rumah majikannya di Arab Saudi dan menginginkan untuk dibantu pemulangan ke Tanah Air.

Dia menyampaikan bahwa dirinya telah berkomunikasi langsung dan meminta tolong Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI Silmy Karim agar Rita segera dipulangkan jika tidak ada kepastian hukum dan nasibnya di Arab Saudi.

Nasir menuturkan Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM menyatakan bersedia membantu memberikan perlindungan bagi Rita dan telah dikoordinasikan untuk penanganan.

“Saya sudah terhubung dengan Dirjen Imigrasi dan meminta untuk memberikan atensi penuh dan dapat mempercepat proses pemulangan Rita,” demikian Nasir Djamil.


 

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023