Jakarta (ANTARA News) - Nilai tukar rupiah di pasar uang spot antarbank Jakarta Selasa bergerak menguat lima poin terhadap dolar AS menyusul belum tercapainya kesepakatan pemangkasan anggaran di AS.

Rupiah pada Selasa sore bergerak menguat ke posisi 9.695 per dolar AS setelah pada hari sebelumnya ditutup pada 9.700 per dolar AS.

"Belum tercapainya pemangkasan anggaran di AS melemahkan mata uang dolar AS terhadap mayoritas nilai tukar dunia termasuk rupiah," ujar analis Trust Securities Reza Priyambada.

Ia mengatakan pelaku pasar uang mengkhawatirkan pemangkasan anggaran AS dapat menghambat laju pemulihan ekonominya.

Ia menambahkan sentimen dari Asia terutama negara Jepang yang tengah mencari deputi gubernur Bank Sentral Jepang (BOJ) ditanggapi positif pelaku pasar uang, dikarenakan misi calon deputi itu akan memberikan kebijakan yang tepat bagi pasar keuangan.

"Sentimen dari Jepang itu membuat mayoritas mata uang Asia menguat. Meski demikian, sentimen dari Jepang itu cenderung momentum," kata dia.

Sementara menurut kurs tengah Bank Indonesia, nilai tukar rupiah berada pada 9.705 per dolar AS dari 9.704 per dolar AS.

(KR-ZMF/R010)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013