Madiun (ANTARA) - Jumlah pengunjung Taman Wisata Umbul di Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur meningkat signifikan pada libur panjang Idul Adha 1444 Hijriah yang bersamaan dengan libur sekolah.

Direktur Taman Wisata Umbul Madiun atau Madiun Umbul Square Afri Handoko di Madiun, Senin, mengatakan, pada libur Idul Adha jumlah pengunjung mencapai lebih dari 5.000 orang, padahal jumlah pengunjung pada hari biasa paling sekitar 750-an orang.

"Saat libur Idul Adha yang berlangsung tanggal 28 Juni 2023 hingga 2 Juli 2023, tercatat naik hingga rata-rata 5.000 orang per hari, atau naik sekitar 67 persen dibandingkan dengan hari biasa," ujar Afri.

Ia menilai kenaikan kunjungan tersebut dipengaruhi oleh banyaknya wahana permainan yang disediakan pengelola di Taman Wisata Umbul, karena pihaknya terus berbenah untuk menarik wisatawan berkunjung ke tempat wisata yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda tersebut.

Selain itu, keberadaan kebun binatang kecil Umbul yang merupakan lembaga konservasi satwa dilindungi tersebut juga cukup menarik pengunjung untuk menjadi sarana edukasi tentang fauna terhadap pengujung yang berwisata bersama anak.

"Pengunjung dapat berinteraksi dengan satwa koleksi, di antaranya memberi makan dan foto bersama," kata dia.

Sejumlah satwa yang diperbolehkan diberi makan yakni kijang, rusa tutul putih, kambing, dan sapi India. Selain itu, pengunjung juga bisa swafoto bersama burung kakatua, elang, juga iguana.

Adapun, sejumlah wahana lain yang terdapat di Umbul antara lain, wahana kolam renang, taman bermain, pendopo untuk beristirahat, dan kebun binatang kecil atau "mini zoo" dengan koleksi satwa yang cukup banyak. Sejumlah koleksi satwa yang ada di kebun binatang kecil Umbul, di antaranya kera Jawa, kelinci, ular sanca, burung merak, rusa tutul, buaya, dan aneka jenis aves.

Salah satu pengunjung asal Bojonegoro, Seli, mengaku senang dengan kondisi Taman Wisata Umbul. Selain banyak wahana yang ditawarkan, kondisi tempatnya juga lebih nyaman.

"Senangnya lagi ada kebun binatang mini yang digunakan sebagai wisata edukasi satwa terhadap anak," kata Seli.

Pihaknya mengaku senang. Tak hanya orang tua, anak-anak juga senang karena bisa bermain dan mengenal aneka jenis satwa.

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023