Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Habiburokhman berjanji akan meneruskan perjuangan almarhum Desmond J. Mahesa yang tutup usia pada Sabtu (24/6).
 
Hal ini disampaikan Habiburokhman usai ditetapkan sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR RI dalam Rapat Internal Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.
 
"Hari ini kami mendapatkan tugas dari partai, kebetulan SK-nya kemarin diserahkan langsung oleh Pak Dasco. Saya meneruskan perjuangan almarhum Pak Desmond, abang saya, senior kami, sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR sampai periode ini selesai," ujar Habiburokhman kepada awak media.
 
Menurut dia, jabatan yang diembannya saat ini bukanlah tugas yang mudah. Selain menjadi pimpinan komisi hukum DPR, ia juga menggantikan Desmond yang terkenal kritis dan tegas terhadap isu terkait Komisi III DPR.
 
"Apalagi sosok yang saya teruskan ini sosok dapat dikatakan sempurna di posisinya. Kita tahu kan almarhum sosok yang secara akademis cerdas dan potensi kerakyatan juga penuh. Kemudian, beliau orang yang sangat kritis, tegas, dan menguasai tata beracara di persidangan," tegasnya.
 
Kendati demikian, dia menyebut akan terus berusaha sebaik mungkin dalam bekerja sebagai wakil rakyat. Untuk itu, Habiburokhman meminta doa dari masyarakat agar dapat memberikan yang terbaik, seperti yang dilakukan oleh Desmond J. Mahesa.

Baca juga: Habiburokhman ditetapkan jadi Wakil Ketua Komisi III DPR RI
Baca juga: Habiburokhman akan gantikan Desmond jadi Wakil Ketua Komisi III DPR
 
"Jadi, tugas-tugas pengawasan, rapat-rapat pembahasan, rapat-rapat pembahasan undang-undang dan pembiayaan, kami terus belajar sama anggota Komisi III lainnya supaya bisa lebih maksimal untuk melayani rakyat," kata dia.
 
Adapun penetapan Habiburokhman berdasarkan Pasal 58 ayat (2), (13), (14), dan ayat (16) Peraturan DPR RI Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Tertib bahwa pimpinan komisi ditetapkan dengan keputusan pimpinan DPR.
 
Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad bertanya kepada peserta rapat mengenai persetujuan penggantian Wakil Ketua Komisi III DPR RI dari Desmond ke Habiburokhman.
 
"Saya menanyakan kepada forum apakah pergantian Wakil Ketua Komisi III DPR RI dari unsur Fraksi Gerindra yang semula dijabat almarhum Desmond Junaidi Mahesa dapat disetujui untuk digantikan oleh Habiburokhman?" tanya dia.
 
Semua yang hadir dalam rapat itu sepakat menyetujui pergantian Wakil Ketua Komisi III DPR RI.
 
"Setuju," kata anggota Komisi III DPR RI diiringi ketokan palu.
 
Dengan telah disetujuinya Wakil Ketua Komisi III DPR RI dari unsur Fraksi Gerindra, susunan Pimpinan Komisi III DPR RI, yaitu Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul sebagai Ketua, sementara Wakil Ketua Komisi III diisi Adies Kadir, Habiburokhman, Ahmad Sahroni, dan Pangeran Khairul Saleh.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023