Kalau jam bisa saja berubah, tapi yang pasti kloter pertama akan datang itu berasal dari Kabupaten Majalengka
Cirebon (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Jawa Barat (Jabar) menyatakan kelompok terbang (kloter) pertama jamaah haji Debarkasi Kertajati, Kabupaten Majalengka, datang pada hari Sabtu 8 Juli 2023 sekitar jam 15.55 WIB.

"Untuk kloter pertama Debarkasi Kertajati datang ke Indonesia tepatnya di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) pada hari Sabtu," kata Ketua Tim Akomodasi Transportasi dan Perlengkapan Haji (ATPH) Kanwil Jabar Boy Subhul Muniir saat dihubungi melalui telepon seluler di Cirebon, Selasa.

Menurutnya, kloter pertama yang datang itu berasal dari Kabupaten Majalengka. Namun, lanjutnya, jam kedatangan memang belum pasti karena bisa berubah ketika jam keberangkatan dari Arab Saudi juga mengalami perubahan.

"Kalau jam bisa saja berubah, tapi yang pasti kloter pertama akan datang itu berasal dari Kabupaten Majalengka," tuturnya.

Ia menambahkan jamaah haji Debarkasi Kertajati ini akan langsung dibawa ke daerah masing-masing tanpa kembali ke Asrama Haji Indramayu, mengingat lokasi juga sudah dekat ke daerahnya.

Baca juga: Sebanyak 6.961 peserta haji kembali ke Tanah Air hari ini

Boy mengatakan selain itu fasilitas umum di Asrama Haji Indramayu juga masih banyak kekurangan, karena baru dioperasikan pada pemberangkatan haji tahun 2023. Pada kesepakatan awal semua jamaah haji dari Debarkasi Kertajati akan dijemput oleh petugas yang berasal dari kabupaten/kota masing-masing.

"Kalau di Debarkasi Kertajati langsung ke kabupaten/kota masing-masing, tidak lagi ke Asrama Haji Indramayu, alasannya karena fasilitas umum masih belum memadai. Sehingga tahun ini diputuskan tidak ke asrama terlebih dahulu," katanya.

Boy mengatakan petugas dari Asrama Haji Indramayu juga akan disiagakan di BIJB untuk membantu para jamaah haji setiba di Tanah Air.

"Kami fokus di bandara. Memang pada saat pemulangan itu ada pemangkasan 50 persen petugas, karena mereka cuma transit saja," ujarnya.

Baca juga: Kloter pertama jamaah haji Embarkasi Solo dijadwalkan pulang awal Juli
Baca juga: 107 jamaah haji Kabupaten Siak-Riau pulang 5 Agustus 2022

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023