sekarang ini lahan tersebut sudah dijadikan Puskesmas
Ambon (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menerima hibah lahan milik pribadi seluas 78 meter persegi yang diserahkan ahli waris keluarga Alfons di mana di atas lahan itu telah berdiri Puskesmas Kelurahan Batu Gajah, Kecamatan Sirimau.

Penyerahan ditandai dengan pemberian sertifikat lahan dari Ahli Waris, Evan Renold Alfons, kepada Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan, hibah lahan merupakan anugerah bagi Pemerintah Kota karena di lahan tersebut sesungguhnya telah berdiri Puskesmas Kelurahan Batu Gajah.

"Pemkot Ambon mendapat anugerah yang sangat luar biasa dimana keluarga besar ahli waris yang memiliki lahan, datang dengan niat dan itikad baik untuk menyerahkan lahan secara cuma-cuma , dimana sekarang ini lahan tersebut sudah dijadikan Puskesmas," katanya.

Dirinya juga bersyukur, pihak keluarga tidak mengambil keuntungan dari hibah Lahan tersebut , pihaknya berharap ke depan akan ada lagi warga yang berbaik hati untuk melakukan hal yang sama, pada setiap aset Pemerintah yang berdiri di atas lahan milik pribadi.

"Ahli waris tidak meminta ganti rugi melainkan memberikan hibah kepada Pemerintah. Oleh karena itu atas nama Penjabat Wali Kota Ambon, saya selaku Sekretaris Kota mengucapkan terimakasih banyak kepada keluarga Alfons," katanya.

Baca juga: Warga Padang hibahkan jembatan senilai Rp977,2 juta pakai dana pribadi
Baca juga: Mantan kades di Magelang hibahkan tanah ke warga terdampak jalan tol


Ia mengakui, yang terjadi selama ini di Ambon ahli waris pemilik lahan melakukan penyegelan fasilitas umum yang dibangun Pemkot di atas lahan milik ahli waris.

Sehingga dilakukan proses ganti rugi dan lainnya, keadaan tersebut tentu berbeda dengan apa yang dilakukan keluarga Alfons saat ini, kata Sekkot.

Sementara itu ahli waris, Evans Alfons mengungkapkan, pihaknya wajib membantu, dikarenakan terdapat salah satu aset milik Pemerintah yang berdiri di atas lahan milik pribadi.

Terkait dengan penyerahan aset ini sudah merupakan amanah dari orang tua yang harus dilakukan.

Asetnya tersebut merupakan Puskesmas yang luasnya 78 meter persegi, terletak di RT 002/ RW 02, Kelurahan Batu Gajah.

Baca juga: Warga perbatasan hibahkan satu hektare lahan untuk bangun gedung SMP
Baca juga: Warga Desa Pusar OKU hibahkan lahan untuk pembangunan objek wisata
Baca juga: Warga perbatasan hibahkan lahan demi pendidikan anak-anaknya

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023