Kota Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat mengimbau pedagang dan masyarakat umum sebagai konsumen memperhatikan kualitas hati sapi agar terhindar dari penyakit kecacingan atau Helminthiasis, sebagai upaya menjaga konsumsi makanan sehat.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie Abdul Rachim saat meninjau penjualan daging berikut jeroan sapi di Pasar Bogor, Rabu, tidak menemukan indikasi hati sapi yang dijual para pedagang terjangkit penyakit kecacingan dan mereka diminta menjaga kualitas dagangannya.

"Kebanyakan untuk konsumsi harian sebagian dari RPH. Yang harus diwaspadai sumber-sumber sapi yang tidak bersih. Hasil peninjauan sejauh ini ada sebagian besar sampel berasal dari RPH, Alhamdulillah aman," kata Dedie.

Baca juga: Pengawas pemotongan hewan kurban temukan sapi terinfeksi cacing hati

Dedie Rachim menuturkan bahwa peninjauan penjualan daging dan jeroan sapi termasuk hati sapi di pasar, menindaklanjuti temuan DKPP, IPB Iniversity dan Polbangtan dari 8.000 sapi yang ada pada momen Iduladha 1444 hijriyah, melakukan pemeriksaan hati dan daging 738 sapi di laboratorium dan didapati 17 sapi yang ternyata terjangkit penyakit kecacingan.

Peninjauan daging dan hati sapi dilakukan Dedie A Rachim bersama Tim Satgas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kota Bogor di Pasar Bogor dan tidak menemukan hati sapi yang dijual pedagang yang terindikasi kecacingan.

Pasokan daging dan hati sapi di Kota Bogor, kata Dedie, hasil komunikasi dengan para pedagang mayoritas dari Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Bubulak yang saat ini terjaga dari penyakit kecacingan.

"Hasil peninjauan sejauh ini ada sebagian besar sampel berasal dari RPH, Alhamdulillah aman. Setelah ditelusuri ternyata sumber sapi yang terindikasi cacing hati berasal dari luar kota Bogor," ungkapnya.

Baca juga: Sudin KPKP Jakpus musnahkan hati sapi kurban tak layak konsumsi

Dedie menyarankan sebagai kehati-hatian, masyarakat lebih baik memasak daging kurban ataupun daging dan jeroan sapi pada umumnya dengan matang agar lebih aman dan layak untuk dikonsumsi.

"Kalau di feedlot kan makannya konsentrat. Tapi kalau sapi dari tempat lain Itu perlu diwaspadai supaya warga Bogor aman dan tetap sehat," ujarnya.

Kepala Bidang Peternakan DKPP Kota Bogor drh Anizar menerangkan bahwa hati sapi yang bagus terlihat bersih dan mulus, berwarna coklat tua. Sebaliknya, hati sapi yang terjangkit kecacingan jika dibalik ada bintik putik seperti jamur.

"Biasanya hati yang ada cacingnya bertekstur keras, kalau kita belah keluar cacing hati di dalam," jelas drh Anizar.

Meski begitu, kata drh Anizar jika hati tersebut konsumsi manusia masih tetap aman, namun hati tersebut harus dimasak dengan matang sempurna.

"Kalau dimasak dengan benar sebenarnya tidak apa apa, tapi dimasaknya harus dengan matang sampai mendidih," katanya.

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023