Stockholm (ANTARA) - Pemerintah Swedia, Selasa (4/7) akan merombak kebijakan energi guna memastikan pasokan listrik yang terbatas pada musim panas dan musim dingin tahun lalu tidak akan terulang kembali.

Guna menjadikan sistem listrik negara itu lebih andal dan untuk memastikan listrik yang murah setiap saat, pemerintah Swedia menugaskan operator jaringan listrik nasional, Svenska Kraftnat, membuat standar baru untuk mengukur keandalan sistem kelistrikan.

 
 


Meski Swedia sudah memiliki kapasitas terpasang produksi listrik yang lebih besar dibandingkan sebelumnya, harga listrik kami masih lebih tinggi dari biasanya dan ada kendala yang terus berlanjut dalam sistem transmisi, kata Menteri Energi, Bisnis, dan Industri Swedia Ebba Busch dalam konferensi pers

"Tanpa keandalan operasional yang memadai, seberapa pun listrik yang dihasilkan akan percuma jika tidak dialirkan ke tujuannya sepanjang tahun," ujarnya.

Dia mengatakan hambatan transmisi antara wilayah utara dan selatan Swedia telah mengakibatkan kenaikan tarif listrik di selatan.

Sistem kelistrikan Swedia masih dalam situasi terbatas, kata pemerintah.

Pada musim panas dan musim dingin 2022, pasokan listrik sangat terbatas dengan harga listrik yang sangat tinggi.

Penonaktifan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) dan penutupan sumber daya lain di Swedia selatan telah mendorong harga listrik menjadi semakin tinggi.
 
 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023