Batam (ANTARA) - PPIH Debarkasi Hang Nadim Batam menyebutkan air zamzam tambahan yang diberikan oleh Kementerian Agama RI untuk seluruh jamaah haji disalurkan melalui Kantor Kemenag di masing-masing kabupaten/kota.

Kepala Bidang Penerimaan dan Pemberangkatan PPIH Debarkasi Batam Edi Batara di Batam, Rabu, mengatakan setiap jamaah haji dipastikan mendapat air zamzam masing-masing 10 liter yang telah disiapkan Kementerian Agama (Kemenag).

"Untuk air zamzam dari Pemerintah Arab Saudi, kita mendapatkan 5 liter per jamaah, kemudian ditambah 5 liter lagi dari Kemenag RI," kata Edi.

Baca juga: PPIH: 369 haji Debarkasi Batam tiba sore ini di Bandara Hang Nadim

Ia menyampaikan untuk saat ini jamaah haji terlebih dahulu menerima 5 liter air zamzam. "Jadi, jamaah sekarang di debarkasi menerima 5 liter dulu, dan air zamzam tambahan akan menyusul. Setelah sampai di provinsi, kita akan sampaikan kepada jamaah melalui Kemenag kabupaten/kota," ujar dia.

Lebih lanjut, Edi mengatakan pengiriman air zamzam dari Arab Saudi untuk jamaah haji melalui pesawat reguler maupun pesawat jamaah haji yang dilakukan secara berangsur.

"Setelah sampai nanti ada tim yang mengantar di rumah jamaah, insya Allah. Sekarang masih yang jatah awal. Yang tambahan masih proses pengiriman, nantinya berangsur lewat pesawat bersama jamaah," kata dia.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan kabar gembira bahwa jamaah haji Indonesia 1444 Hijriah/2023 Masehi akan mendapatkan air zamzam sebanyak 10 liter.

Baca juga: PPIH Surabaya pastikan setiap jamaah haji dapat air zamzam 10 liter

Baca juga: Jamaah haji dapat 10 liter air zamzam dan dibagikan di debarkasi


Hal ini disampaikan Menag saat melepas 369 jamaah kelompok terbang (kloter) 1 Debarkasi Batam (BTH 01) yang merupakan kelompok terbang atau kloter perdana yang akan kembali ke Tanah Air.

"Kalau sebelumnya jatah air zamzam hanya 5 liter, tahun ini kita putuskan menambahkan 5 liter zamzam untuk jamaah haji dan petugas," kata Menag Yaqut diikuti teriakan alhamdulillah dari jamaah di Syisyah-Mekkah, Arab Saudi, Senin (3/7).

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023