Menag dijadwalkan meresmikan secara langsung, seiring dengan rakernas Persatuan Umat Budha Indonesia (Permabudhi) Tahun 2023 di gedung Pagoda Sata-Sahasra Buddha
Tanjungpinang (ANTARA) - Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), kini mempunyai pagoda tertinggi di Indonesia yakni Pagoda Sata-Sahasra Buddha yang rencananya akan diresmikan oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas pada 8 Juli 2023.

Pagoda Sata-Sahasra Buddha berada di kompleks Vihara Avalokitesvara di Jalan WR. Supratman, KM 14, Kota Tanjungpinang, yang dikelola Yayasan Maitri Paramitha.

"Menag dijadwalkan meresmikan secara langsung, seiring dengan rakernas Persatuan Umat Budha Indonesia (Permabudhi) Tahun 2023 di gedung Pagoda Sata-Sahasra Buddha," kata Pemilik Yayasan Maitri Paramitha, Hengky Suryawan di Tanjungpinang, Rabu.

Ia mengatakan proses pembangunan Pagoda Sata-Sahasra Buddha memerlukan waktu sekitar tujuh tahun, dimulai pada Juni 2016 dan rampung pada Juni 2023 dengan anggaran sekitar Rp100 miliar.

Pagoda tersebut terdiri dari sembilan lantai dengan panjang 52,00 meter, lebar 32,00 meter, dan tinggi 46,80 meter. Dinding bangunan menggunakan 20.708 keramik motif patung Buddha yang dipesan dan dicetak khusus dari pabrik di China.

Baca juga: Pembangunan Pagoda Sembilan Lantai Di Tuban Dimulai

"Kita sudah usulkan rekor MURI untuk pagoda tertinggi di Indonesia yakni 46,80 meter, dan pagoda dengan pemasangan keramik motif Buddha terbanyak yaitu 20.708 keping," ungkapnya.

Pagoda Sata-Sahasra Buddha, lanjutnya, mampu menampung sekitar 2.000 pemeluk Buddha untuk kegiatan sembahyang dan bisa dimanfaatkan sebagai objek wisata bagi wisatawan dalam maupun luar negeri. Apalagi selama ini kompleks Vihara Avalokitesvara menjadi salah satu tujuan wisata warga lokal di Pulau Bintan.

Bahkan sebelum pandemi COVID-19, lanjut Hengky Suryawan, setidaknya ada delapan bus per hari yang mengangkut wisman dari China untuk berkunjung ke vihara terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

"Di dalam Vihara Avalokitesvara terdapat patung Dewi Kwan Im setinggi 22,8 meter dan meraih predikat tertinggi se-Asia Tenggara," ujarnya.

Baca juga: Pagoda Sapta Ratna di Kota Sorong tarik 7000 wisatawan per bulan
 

Pewarta: Ogen
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023