Kami akan bantu dan memberdayakan pelaku UMKM, khususnya yang sedang merintis dan akan membangun usahanya.
Belitung (ANTARA) - Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI siap membantu bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pemula atau yang sedang merintis usaha agar lebih maju dan berkembang.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI Jerry Sambuaga saat menutup Belitung Expo 2023 di kawasan pantai wisata Tanjungpendam, Rabu (5/7) malam, menyatakan pemerintah pusat siap membantu para pelaku UMKM itu.

"Kami akan bantu dan memberdayakan pelaku UMKM, khususnya mereka yang sedang merintis dan akan membangun usahanya," katanya pula.

Bantuan bagi pelaku UMKM yang sedang merintis usaha dapat dilakukan berupa pendampingan usaha, pelatihan dan kegiatan lain yang dapat mendorong usaha tersebut tumbuh dan berkembang.

Kondisi neraca perdagangan di Indonesia saat ini dalam keadaan surplus, kata Wamendag, artinya angka ekspor lebih tinggi dibandingkan impor.

"Kondisi perdagangan yang membaik tentu berkat kontribusi tidak hanya dari pemerintah pusat, melainkan juga dukungan kontribusi dari daerah," ujarnya lagi.

Belitung Expo 2023 yang dimulai dari tanggal 1 sampai dengan 5 Juli 2023 berhasil membukukan nilai transaksi sebesar Rp1,15 miliar.

Belitung Expo 2023 tidak hanya menjadi ruang bagi pelaku UMKM memasarkan produk olahan, tetapi juga sebagai sarana promosi produk langsung ke masyarakat.

Jerry Sambuaga memberi apresiasi ke Pemerintah Kabupaten Belitung yang sukses menggelar Belitung Expo 2023, karena mampu mendorong kebangkitan pelaku UMKM di daerah itu.
Baca juga: MenKopUKM tekankan soal evolusi produk UMKM berbasis teknologi modern
Baca juga: Otorita IKN siapkan pendampingan untuk kembangkan UMKM lokal

 

Pewarta: Kasmono
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023