Kemitraan komprehensif antara FPT Smart Cloud dan Home Credit Indonesia menyambut era inovasi yang baru di industri jasa keuangan, mengandalkan kapabilitas canggih dari solusi  FPT.AI untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, memperingkas kegiatan operasional, serta menggerakkan pertumbuhan bisnis

Jakarta, Indonesia (ANTARA/PRNewswire)- FPT Smart Cloud, perusahaan terkemuka asal Vietnam yang menyediakan solusi AI dan layanan cloud, bekerja sama dengan Home Credit Indonesia, perusahaan pembiayaan berbasiskan teknologi yang melayani enam juta pelanggan. FPT Smart Cloud dan Home Credit Indonesia menjalin kemitraan strategi untuk mengembangkan AI.

Kolaborasi ini mengawali aliansi komprehensif dalam aplikasi teknologi AI untuk kegiatan operasional Home Credit Indonesia. Dengan teknologi AI, Home Credit Indonesia memanfaatkan keahlian FPT Smart Cloud dalam solusi AI, serta meningkatkan layananya di industri keuangan.

Berdiri pada 2013, Home Credit Indonesia berekspansi dengan pesat di seluruh Indonesia, serta berkomitmen menyediakan jasa keuangan yang cepat, transparan, dan mudah digunakan.

Lewat integrasi platform daring dan luring dalam seluruh kegiatan operasionalnya, Home Credit Indonesia memastikan pelanggannya dapat mengakses layanan di mana saja dan kapan saja. Hal ini membuktikan komitmen Home Credit Indonesia dalam menyediakan "jasa keuangan tepercaya yang mudah diakses".

Kepemimpinan pasar Home Credit Indonesia juga didukung komitmen pada inovasi, terutama memanfaatkan teknologi generasi baru demi meningkatkan layanan, serta memberikan nilai tambah bagi pelanggan.

Lebih lagi, Home Credit Indonesia adalah perusahaan yang bereputasi, serta terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga menjamin aspek kepercayaan dan reliabilitas perusahaan tersebut. Maka, kemitraan yang terjalin dengan FPT Smart Cloud akan memenuhi undang-undang/regulasi yang berlaku. Dan, teknologi FPT Smart Cloud dirancang agar mampu menyediakan layanan finansial yang aman dan efektif bagi pelanggan.

Berkat optimisme Home Credit Indonesia pada potensi masif AI untuk mentransformasi kegiatan operasional di sektor keuangan, sebuah kemitraan pun terjalin dengan FPT Smart Cloud, pemimpin teknologi AI.

Lewat kolaborasi dengan FPT Smart Cloud, perusahaan jasa keuangan ini mengakses layanan dan keahlian AI canggih untuk meningkatkan layanannya, mengoptimalkan efisiensi operasional, serta mewujudkan pengalaman pelanggan terbaik.

Unsur utama di balik kemitraan ini terletak pada proyek AI Chatbot yang penuh terobosan. Proyek ini segera mentransformasi interaksi pelanggan dan layanan pelanggan.

AI Chatbot memiliki kemampuan yang luar biasa dalam memahami bahasa. Dengan demikian, AI Chatbot mampu memahami dan merespons pertanyaan pelanggan dalam berbagai bahasa, khususnya Bahasa Indonesia sebagai bahasa lokal.

Chatbot menghadirkan layanan yang personal di berbagai titik interaksi, menjawab pertanyaan pelanggan secara instan, serta menyampaikan program promosi Home Credit Indonesia kepada anggotanya.

Berfokus pada akurasi bahasa dan kinerja bermutu tinggi, FPT Smart Cloud berkolaborasi dengan Informatics & Business Institute Darmajaya di Indonesia untuk mengembangkan language processing engine dalam format teks dan suara yang dirancang khusus untuk Bahasa Indonesia.

Le Hong Viet, CEO, FPT Smart Cloud, berkata, "FPT.AI, dikembangkan dan dikelola oleh FPT Smart Cloud, memiliki visi global, yakni mengandalkan kekuatan natural language processing guna menjawab tantangan yang dihadapi pelaku usaha di seluruh dunia. Indonesia, sebagai pasar yang potensial, telah menjadi prioritas bagi kami. Lewat kolaborasi dengan Home Credit Indonesia, kami ingin menciptakan nilai tambah jangka panjang, serta menggerakkan transformasi digital di sektor keuangan. Di sisi lain, dengan memanfaatkan solusi FPT.AI, Home Credit Indonesia membangun daya saing di tengah pasar jasa keuangan yang kompetitif di Indonesia."

Proyek AI Chatbot menjadi batu loncatan menuju sebuah masa depan ketika pelanggan mudah mengakses opsi layanan mandiri. Lewat layanan ini, pelanggan dapat memperoleh informasi akun dan melakukan berbagai transaksi dengan mudah. Fitur layanan mandiri ini membantu pelanggan, dan mengurangi ketergantungan pada bantuan manusia sekaligus meningkatkan efisiensi operasional Home Credit Indonesia.

"Sebagai perusahaan yang memprioritaskan pelanggan, Home Credit Indonesia berkomitmen meningkatkan pengalaman pelanggan. Maka, kemitraan dengan FPT Smart Cloud menjadi pencapaian baru dalam upaya kami untuk memanfaatkan teknologi canggih dan inovasi demi meningkatkan layanan pelanggan. Kerja sama tersebut juga menjadi bagian dari peningkatan mutu layanan menuju layanan otomatisasi di seluruh aspek perusahaan. Implementasi teknologi AI secara drastis akan meningkatkan kecepatan dan efisiensi layanan pelanggan kami. Dengan demikian, kami dapat menjamin pelanggan memperoleh bantuan dengan segera dan kemudahan pada berbagai titik interaksi. Kami menghadirkan seluruh peluang bagi pelanggan yang ingin menggunakan layanan Home Credit Indonesia," jelas Yusron Anas, Chief Information Officer, Home Credit Indonesia.

Terlepas dari tantangan mendatang, kemitraan yang penuh terobosan ini mencerminkan lompatan besar menuju masa depan yang didukung teknologi canggih. Kemitraan ini juga menghadirkan peluang menarik bagi FPT Smart Cloud untuk merambah pasar Indonesia, mewujudkan berbagai peluang, serta menuju era pertumbuhan dan inovasi yang luar biasa.

Indonesia memiliki tingkat penggunaan AI sekitar 24,6%, tertinggi di antara negara Asia Tenggara lain. Sebagai perbandingan, Vietnam mencatat tingkat penggunaan AI yang baik, yakni 15%. Hal tersebut menunjukkan potensi pertumbuhan besar di pasar Indonesia.

Kontribusi aplikasi AI terhadap PDB Indonesia diproyeksikan senilai $366 miliar pada periode 2020-2030. Maka, proyeksi ini pun melambangkan valuasi masif dan potensi transformatif AI dalam menggerakkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.

Dengan kapabilitas AI unggulan, komitmen kuat terhadap inovasi, serta pendekatan yang memprioritaskan pelanggan, FPT Smart Cloud hadir sebagai mitra teknologi yang tepat bagi perusahaan jasa keuangan Indonesia, khususnya perusahaan yang ingin menjaga daya saing di tengah industri yang berkembang pesat.

FPT.AI - Platform AI yang Komprehensif
FPT.AI memiliki popularitas yang sangat baik dan memperoleh kepercayaan dari 100+ perusahaan di 15 negara. Melayani berbagai industri, seperti keuangan, asuransi, perbankan, e-commerce, dan logistik, FPT.AI didukung basis pengguna yang impresif, yaitu lebih dari 200 juta interaksi bulanan.

Di sisi lain, potensi inovatif dari Platform Conversational FPT.AI membantu klien mengotomatisasi 96% interaksi pelanggan sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan secara signifikan.

Dengan portofolio yang mencakup 20 produk dan lima solusi, FPT.AI memperkuat kapabilitas unggulannya lewat berbagai proyek di seluruh dunia. Platform canggih ini membantu kalangan perusahaan mencapai otomatisasi komprehensif pada berbagai fungsi bisnis, mulai dari layanan pelanggan front-office hingga aktivitas back-office, termasuk pemrosesan dokumen, manajemen kualitas personalia, serta pelatihan tenaga kerja.

Menghadapi kompleksitas regulasi atau mengandalkan potensi pertumbuhan masif, FPT.AI hadir sebagai mitra yang reliabel dan fleksibel, tak hanya membantu perusahaan Indonesia untuk bertahan hidup, namun juga berkembang di industri jasa keuangan yang terus berubah.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023