Jamaah haji lansia diarahkan untuk langsung beristirahat di kamar masing-masing saat tiba di Asrama Haji Debarkasi Batam
Batam, Kepri (ANTARA) - Panita Penyelenggara Ibadah Haji  (PPIH) Debarkasi Hang Nadim Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memrioritaskan penyambutan jamaah haji lanjut usia (lansia) setibanya di Tanah Air.

Kepala Bidang Penerimaan dan Pemberangkatan PPIH Debarkasi Hang Nadim Batam Edi Batara di Batam, Kamis mengatakan jamaah haji lansia diarahkan untuk langsung beristirahat di kamar masing-masing saat tiba di Asrama Haji Debarkasi Batam.

Ia menambahkan hal serupa juga ditujukan bagi jamaah yang merasa kelelahan saat menjalani perjalanan yang cukup panjang tersebut.

"Jadi proses penyambutan, bagi jamaah yg kurang fit dan lansia, langsung masuk kamar. Bagi lansia pun tidak dianjurkan mengikuti proses seremonial penyambutan jamaah haji di aula," katanya.

Untuk kloter 3 yang baru saja tiba di Kota Batam, kata dia, seluruh kondisi jamaah haji dalam keadaan sehat, hanya saja ada beberapa jamaah yang merasa kelelahan dan memilih untuk beristirahat di klinik Asrama Haji.

"Jamaah hanya lelah saja, tidak ada yang sampai masuk rumah sakit, mereka istirahat di klinik," katanya.

Ia menjelaskan sebanyak 373 jamaah haji kloter 3 tiba pada di Bandara Hang Nadim Batam pada Rabu (6/7) pukul 15.10 WIB, dan tiba di Asrama Haji sekitar pukul 17.00 WIB.

Jamaah haji kloter 3 tersebut berasal dari Kota Batam, Kabupaten Bintan, dan Kota Tanjungpinang.

"Insya Allah yang dari Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang istirahat di asrama dulu malam ini. Dan jamaah Batam dapat langsung kembali ke rumah masing-masing," katanya..

Ia menambahkan terdapat seorang haji asal Batam yang tergabung pada kloter 3 yang dinyatakan meninggal saat berada di Mekkah.

"Jamaah berkurang satu orang, awalnya 374 jamaah, dan satu orang meninggal dunia di Mekkah, beliau itu jamaah Kota Batam. Sehingga yang kembali 373 jamaah," demikian Edi Batara.

Baca juga: PPIH Batam: Air zamzam disalurkan melalui Kemenag kabupaten/kota

Baca juga: Timwas Haji DPR temukan jamaah lansia pingsan usai lempar jamrah

Baca juga: Seorang haji asal Kepri wafat setiba di Bandara Batam

Baca juga: PPIH: 369 haji Debarkasi Batam tiba sore ini di Bandara Hang Nadim


 

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023