Kejaksaan Agung mampu mengungguli lembaga penegak hukum lain sehingga kejaksaan dapat pula dimaknai berhasil menjaga wajah kepastian dan kualitas penegakan hukum sampai saat ini
Jakarta (ANTARA) -
Dosen Hukum Pidana Universitas Trisakti Azmi Syahputra menilai Kejaksaan Agung (Kejagung) layak mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari publik karena kinerja institusi itu mengungguli institusi penegak hukum lainnya.
 
"Kejaksaan Agung mampu mengungguli lembaga penegak hukum lain sehingga kejaksaan dapat pula dimaknai berhasil menjaga wajah kepastian dan kualitas penegakan hukum sampai saat ini," kata Azmi, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.
 
Tingginya tingkat kepercayaan publik terhadap Kejaksaan Agung itu terekam dalam hasil survei dari Indikator Politik Indonesia periode 20–24 Juni 2023. Dalam hasil survei itu, Kejagung memperoleh tingkat kepercayaan publik sebesar 81,2 persen.
 
Menurut Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, tingkat kepercayaan publik terhadap Kejaksaan Agung biasanya berkisar di 60 persen. Akan tetapi, dalam kurun setahun terakhir, Kejaksaan Agung konsisten berada di tiga besar peraih kepercayaan publik tertinggi.
 
“Itu belum pernah menyentuh angka 80 persen. Baru kali ini, ya, 81,2 persen,” ujar Burhanuddin.

Baca juga: ICW: Kinerja penindakan kasus korupsi semester I 2022 capai 18 persen
 
Berikutnya, Azmi pun menilai tingginya kepercayaan publik tersebut tidak lepas dari kinerja konkret Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin. Menurut dia, banyak terobosan yang dilakukan ST Burhanuddin. Di samping itu, tambah dia, Burhanuddin juga merupakan sosok pemimpin yang bersikap tegas sehingga mampu memberikan perkembangan yang besar bagi Kejaksaan Agung dalam meneggakkan hukum di Tanah Air.
 
"ST Burhanuddin memberikan dobrakan dalam penegakan hukum serta membuktikan hasil kerja keras. Sikap tegasnya membawa perahu besar institusi kejaksaan kini memberikan sumbangsih luar biasa, membuat masyarakat percaya dan bangga," kata dia.
 
Lebih lanjut, Azmi mencontohkan sikap tegas ST Burhanuddin salah satunya dapat dilihat dari penanganan berbagai kasus besar, termasuk perkara korupsi yang dilakukan oleh Kejaksaan Agung.
 
"Banyak pelaku yang sudah diperiksa Kejaksaan Agung yang tidak bisa lolos dari pemidanaan serta menyelamatkan pengembalian keuangan negara paling besar," ucap dia.

Baca juga: LPBH NU: Kepercayaan pada Kejagung naik karena perbaikan kinerja
Baca juga: Pimpinan Komisi III DPR apresiasi kepercayaan publik terhadap Kejagung
Baca juga: Kejagung jadikan dukungan Presiden Jokowi motivasi tingkatkan kinerja

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023