Kami menghadirkan fitur 100% Refund Guarantee untuk pemesanan tiket penerbangan internasional
Jakarta (ANTARA) - CEO Transport Traveloka Iko Putera menilai fleksibilitas dalam pembelian tiket perjalanan menjadi pertimbangan penting bagi konsumen sekarang ini.

"Sangat penting bagi kami untuk selalu berinovasi dan menyesuaikan diri dengan tren yang ada maupun perubahan perilaku konsumen. Opsi perjalanan yang lebih nyaman dengan fleksibilitas dalam mengubah rencana perjalanan sesuai kebutuhan menjadi penting bagi konsumen kami," kata Iko Putera dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, data internal mencatat setidaknya 63 persen konsumen menyatakan fitur jaminan reschedule dan refund merupakan fitur terpenting dalam membeli tiket pesawat.

Menjawab kebutuhan itu, menurut Iko, pihaknya menghadirkan fitur 100% Refund Guarantee untuk pemesanan tiket penerbangan internasional.

Lebih lanjut, Iko menambahkan dalam merencanakan perjalanan internasional, bukan tidak mungkin konsumen dihadapkan dengan situasi yang tidak pasti, seperti visa ditolak atau harga tiket pesawat yang tiba-tiba melonjak.

"Dengan menambahkan fitur 100% Refund Guarantee pada pembelian tiket pesawat, maka diharapkan dapat mengatasi ketidakpastian tersebut, yang mana konsumen tetap dapat membeli tiket pesawat jauh hari sebelum hari keberangkatan untuk menghindari harga tiket pesawat yang lebih tinggi jika dibeli mendekati hari keberangkatan, sehingga konsumen dapat merasa lebih aman serta fleksibel dengan tiket yang dapat di-refund jika diperlukan," ujarnya.

Riset Traveloka pada April 2023, juga menunjukkan kemudahan dalam mengubah pemesanan tiket dan jaminan refund merupakan alasan tertinggi konsumen untuk melakukan pembelian dari suatu platform perjalanan online, di samping promosi yang menarik.

Didukung oleh mitra asuransi ADB Insurance powered by MJP, fitur 100% Refund Guarantee telah menjadi fitur favorit konsumen untuk pemesanan penerbangan domestik sejak 2019.

Kini, layanan inovatif tersebut tersedia untuk penerbangan internasional dengan pemesanan tiket pesawat keberangkatan hingga 10 bulan ke depan.

Konsumen dapat melakukan refund biaya penerbangan hingga 24 jam sebelum keberangkatan, sekaligus mengubah tiket non-refundable menjadi refundable dengan biaya refund mulai dari Rp200.000.

Iko menambahkan sebagai platform yang kini hadir di enam negara di Asia Tenggara, Traveloka senantiasa berinovasi dalam memenuhi aspirasi penggunanya.

"Memahami tren perilaku konsumen merupakan bagian dari komitmen kami untuk terus memberikan layanan yang inovatif dan solutif bagi pelanggan kami. Hadirnya fitur 100% Refund Guarantee untuk penerbangan internasional, menjadi salah satu wujud nyata komitmen kami dalam upaya pemenuhan kebutuhan perjalanan konsumen sekaligus menumbuhkan kembali tingkat kepercayaan diri konsumen untuk mengeksplorasi berbagai destinasi internasional," katanya lagi.
Baca juga: Anggota DPR: Sosialisasikan kebijakan "refund" tiket mudik
Baca juga: Tiket.com hampir rampungkan semua permintaan "refund" dampak COVID-19

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023