Akibat kondisi itu maka pendistribusian air ke 813 pelanggan di Unit Kecamatan Baso terganggu, karena persediaan air di bak penampung tidak terisi
Lubukbasung,- (ANTARA) -
Pendistribusian air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Antokan  terganggu di Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Sumatera Barat dampak dari listrik sering padam di daerah itu sejak awal Juli 2023.
 
Direktur PDAM Tirta Antokan Agam Hendri Chaidir di Lubuk Basung, Kamis, mengatakan setiap hari listrik padam di lokasi sumber air, sekitar tiga sampai empat kali, sehingga tiga unit mesin pompa air tidak bisa berproduksi.
 
"Ketiga unit mesin pompa air tersebut saling terkoneksi. Apabila listrik mati di satu unit mesin pompa air, maka tidak bisa mengalir ke mesin kedua dan ketiga," katanya.
 
Ia mengatakan, akibat kondisi itu maka pendistribusian air ke 813 pelanggan di Unit Kecamatan Baso terganggu, karena persediaan air di bak penampung tidak terisi.
 
"Sebanyak pelanggan Unit Baso tersebut tersebar di Tabek Panjang, Sungai Janiah Nundang, Sungai Baringin, Biaro, Surau Labuan dan lainnya. Dengan kondisi itu, saya meminta maaf kepada pelanggan atas gangguan tersebut dan berusaha gangguan tersebut bisa diselesaikan," katanya.
 
Ia menambahkan, PDAM Tirta Antokan Agam mengoperasikan mesin pompa air sampai 24 jam untuk mengantisipasi gangguan tersebut. Biasanya dari pukul 07.00 WIB sampai  15.00 WIB.
 
Selain itu, mengatur pendistribusian air, yakni pagi, siang dan sore hari  agar 813 pelanggan bisa menikmati air dari PDAM Tirta Antokan.

Hendri juga menjelaskan, ke depan PDAM Tirta Antokan menyiapkan mesin pompa air cadangan untuk antisipasi ada pompa yang rusak.
 
Pemerintah sedang menyiapkan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regionald antara Agam dengan Bukittinggi. Ini merupakan program pemerintah pusat, dan PDAM telah mengirimkan datanya.
 
 
 
"Apabila ini terwujud, maka bisa melayani beberapa kecamatan dan mesin pompa air itu dikurangi jam operasinya," katanya.

Baca juga: Perumda Tirta Kahuripan Bogor jaga pasokan air bersih selama Ramadhan
Baca juga: Heru minta PAM Jaya pastikan layanan air bersih tidak terganggu
Baca juga: PAM Jaya bangun tandon air bersih di sembilan titik rawan air bersih
 
 
 
 
 
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023