...jika penduduk usia produktif itu tidak memiliki keahlian, maka bencana demografi yang akan membebani negara
Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi menyambut ide dari Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Kiki Yuliati untuk mengembangkan keahlian khusus (hard skill) bagi siswa SMA sesuai minat dan bakatnya.

"Selama ini hard skill identik dengan pendidikan vokasi di SMK. Namun ide untuk mengembangkan keahlian khusus bagi siswa SMA merupakan salah satu solusi jitu untuk mempersiapkan generasi yang berdaya saing," katanya di Padang, Kamis.

Ia mengatakan berdasarkan data yang dimiliki Dinas Pendidikan Sumbar, setengah dari lulusan SMA tidak bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi ternama di Indonesia sehingga berpotensi menjadi tidak produktif karena tidak memiliki keahlian khusus seperti lulusan SMK.

"Tapi jika lulusan SMA juga bisa diberikan pendidikan untuk mengembangkan keahlian khusus sesuai bakat dan minatnya, persoalan tersebut akan teratasi," ujarnya.

Gubernur Mahyeldi memerintahkan Dinas Pendidikan Sumbar untuk segera menjajaki kemungkinan itu, salah satunya dengan membangun kolaborasi antara SMA dengan SMK.

Baca juga: Kemendikbudristek: Negara butuh sistem pendidikan khusus

"Kami menunggu arahan dari Kemendikbudristek," katanya.

Sementara itu Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Kiki Yuliati mengatakan wacana untuk kolaborasi antara SMK dengan SMA itu memungkinkan untuk membangun generasi masa depan yang berdaya saing.

Ia menyebut beban berat akan dihadapi oleh generasi muda saat ini pada 2045. Jika tidak memiliki keahlian bisa terjerumus menjadi generasi yang tidak produktif yang malah akan menjadi beban bagi masyarakat dan negara.

"Tahun 2045 adalah kesempatan emas bagi Indonesia karena akan memasuki bonus demografi atau penduduk usia produktif lebih banyak daripada non produktif. Namun, jika penduduk usia produktif itu tidak memiliki keahlian, maka bencana demografi yang akan membebani negara," ujarnya.

Baca juga: Kemendikbudristek: Pemerintah antisipasi beban Generasi Sandwich
Baca juga: Kemendikbudristek gelar konferensi pendidikan vokasi ASEAN

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023