Bandung (ANTARA) -
Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil mengatakan pihaknya berkomitmen untuk melanjutkan kerja sama "Sister Province" antara Provinsi Jawa Barat dengan Guangxi Zhuang, China, yang telah lama terjalin.
 
"Guangxi ini sister province yang kerja samanya sudah banyak bahkan saat COVID-19 membantu oksigen ke Jawa Barat," ujar Ridwan Kamil seusai menerima kunjungan Wakil Gubernur Guangxi Zhuang, Cai Lixin di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis.
 
Jabar dan Guangxi Zhuang telah bertahun - tahun terikat kerja sama sister province.
 
Saat pandemi COVID-19, hubungan "adik - kakak" itu diuji dan telah dibuktikan dengan Provinsi Guanhxi Zhuang menyuplai tabung oksigen saat krisis untuk warga Jabar.
 
Gubernur Ridwan Kamil menyampaikan terima kasih atas nama warga Jabar karena telah membantu selama pandemi COVID-19.
 
"Jadi saya tadi berterima kasih bahwa urusan kemanusiaan melewati lintas negara," katanya.
 
Sementara itu, Wakil Gubernur Cai Lixin juga mengundang Gubernur Ridwan Kamil datang ke Guanhxi Zhuang, yang direncanakan pada akhir Juli 2023 untuk memperbaharui kerja sama dengan Provinsi Jawa Barat.
 
"Mengundang saya ke Tiongkok, kebetulan, keliatannya, jadwalnya barengan dengan Pak Presiden di akhir Juli dan kalau memang nanti diizinkan, saya ke sana memperbaharui sister province yang sudah habis. Jadi ada perpanjangan per lima tahun," tuturnya.
 
Gubernur menuturkan delegasi dari Guangxi juga sudah membawa 27 investor untuk penjajakan kerja sama dengan Provinsi Jabar di bidang ekonomi, industri, pendidikan dan pariwisata.
 
"Udah ada 27 investor dari mereka sekarang (lagi) di Bekasi," kata Ridwan Kamil.

Baca juga: Kerja sama "sister province" Jateng dengan Queensland diperpanjang
 
 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023