Wuhan (ANTARA) - Sebanyak 18 proyek sains dan teknologi China-Afrika ditandatangani pada Kamis (6/7) di Wuhan, Provinsi Hubei, China tengah, menurut otoritas setempat.

Kesepakatan tersebut yang melibatkan sejumlah area seperti teknologi canggih, pertanian modern, ilmu kesehatan, dan pendidikan tinggi, diumumkan dalam Forum Kerja Sama dan Pengembangan Inovasi China-Afrika 2023 yang sedang berlangsung.

Universitas-universitas di China, bersama sejumlah lembaga penelitian dan medis serta perusahaan, menjalin kemitraan dengan mitra-mitra Afrika mereka di Ethiopia, Nigeria, Mesir, Ghana, Afrika Selatan, Tunisia, Kenya, dan Mozambik.

Kemitraan tersebut mencakup berbagai bidang seperti pengembangan kota pintar, komunikasi multimedia, penyimpanan energi, irigasi hemat air, peningkatan varietas wijen, pencegahan dan pengobatan tumor, serta infrastruktur.

Direktur Pusat Kerja Sama Inovasi China-Afrika, Zhang Xiao mengatakan cakupan luas dari proyek-proyek yang ditandatangani ini mencerminkan kolaborasi inovatif yang semakin dalam antara China dan Afrika.

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023