Keempat jamaah haji itu dimakamkan di komplek pemakaman Ma'la di Mekkah
Lebak, Banten (ANTARA) -
Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten menyatakan sebanyak empat jamaah haji di daerah ini dilaporkan meninggal dunia di Mekkah, Arab Saudi pada musim haji 1444 Hijriah/2023 Masehi
 
"Semoga almarhum husnul khotimah dan Allah subhanahu wa ta ala (SWT) memberikan surga di sana," kata Kepala Seksi Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Lebak H Baban Bahtiar di Lebak, Jumat.
 
Keempat jamaah haji yang meninggal dunia asal Kabupaten Lebak itu yakni Eni warga Muncang, Deni Lesmana warga Sajira, Asti warga Banjarsari dan terakhir Saiful Hadi warga Bayah.
 
Para jamaah haji yang meninggal dunia itu setelah mendapatkan perawatan Rumah Sakit King Abdul Aziz, Makkah akibat sakit.
 
"Keempat jamaah haji itu dimakamkan di komplek pemakaman Ma'la di Mekkah,"katanya.
 
Menurut dia, barang milik almarhum itu nantinya diserahkan kepada anggota keluarganya oleh rombongan kloter usai tiba di Tanah Air.
 
Selain itu Kemenag Lebak juga akan memroses hak-hak almarhum, termasuk asuransi agar secepatnya bisa dicairkan.
 
"Kami berharap anggota keluarga yang ditinggalkanya tetap ikhlas dan bersabar,"kata Baban Bahtiar.
 
Sementara itu, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengatakan jumlah jamaah haji di daerah ini sebanyak 867 orang dari enam kloter yang berangkat pertama 8 Juni 2023.
 
Namun, pihaknya menerima laporan tercatat empat jamaah haji yang meninggal dunia.
 
"Kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan semoga keluarga yang ditinggalkan bersabar dan menerima takdir dari Allah SWT ,karena semua orang pasti meninggal,"katanya.
 
Berdasarkan jadwal kedatangan jamaah haji Kabupaten Lebak tiba di Tanah Air pada 21 Juli 2023, yakni Kloter 44 sebanyak 385 jamaah haji

Sedangkan Kloter 51 sebanyak 385 orang pada tanggal 24 Juli 2023.
   

Pewarta: Mansyur Suryana
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023