Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Klub sepak bola asal Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Persikabo 1973 akan menggunakan Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Kabupaten Bekasi, sebagai kandang untuk menjalani kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2023/2024.

"Sudah ada kesepakatan antara kami dengan manajemen Persikabo 1973 soal pemakaian stadion ini," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bekasi Iman Nugraha di Cikarang, Jumat.

Tim berjuluk Laskar Padjajaran itu menjadikan Stadion Wibawa Mukti Cikarang sebagai kandang lantaran Stadion Pakansari dikabarkan akan direnovasi oleh Pemerintah Kabupaten Bogor.

"Manajemen klub mengatakan Stadion Pakansari akan direnovasi dalam waktu dekat sampai akhir 2023," katanya.

Iman menambahkan skema kesepakatan yang terjalin dengan Persikabo 1973 berbeda dengan klub-klub Liga 1 lain yang pernah memanfaatkan stadion kebanggaan warga Kabupaten Bekasi itu. Persikabo 1973 diketahui hanya menyewa per pertandingan.

"Kalau pada musim Liga 1 sebelumnya Bhayangkara FC kontrak satu musim tapi kalau Persikabo kontrak per pertandingan sambil menunggu renovasi Stadion Pakansari selesai," ucapnya.

Baca juga: Jadwal Liga 1 Indonesia - Beberapa tim besar bidik kemenangan perdana

Melalui skema kontrak sewa ini, pihaknya tetap mengizinkan klub sepak bola Liga 1 lain untuk menggunakan stadion yang berlokasi di Kelurahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur itu asalkan bisa menyesuaikan jadwal penggunaan.

"Jadi sebenarnya dari sisi kami boleh saja ada dua klub di sini. Tinggal jadwalnya saja disesuaikan," katanya.

Iman mengaku sejumlah klub liga 1 lain sudah menjalin komunikasi dengan maksud yang sama yakni menjadikan Stadion Wibawa Mukti Cikarang sebagai kandang.

Salah satu klub dimaksud adalah RANS Nusantara milik artis kondang Raffi Ahmad yang pada musim lalu juga menggunakan Stadion Pakansari sebagai kandang.

Rencana renovasi Stadion Pakansari Kabupaten Bogor juga menjadi penyebab utama RANS Nusantara kini menjadi tim musafir.

"Ada informasi juga kalau RANS ingin memakai stadion kita tapi komunikasi yang terjalin sejauh ini baru sebatas lisan jadi belum ada kepastian," katanya.

Baca juga: PSIS Semarang akhiri kontrak David Rumakiek
Baca juga: Dewa United tebus Ricky Kambuaya dari Persib Bandung


Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023