Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Pramuka melakukan penanaman bibit hortikultura di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kembangan, Jakarta Barat, pada Jumat, untuk mewujudkan ketahanan pangan di Jakarta.

Sub Koordinator Pertanian Perkotaan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Taufik Yulianto mengatakan, sebanyak 60 peserta dari Saka Taruna Bumi (Pramuka) melakukan penanaman bibit hortikultura di BPP Kembangan.

Kegiatan ini untuk mendorong kader Pramuka memanfaatkan lahan di sekitarnya, mulai pekarangan di rumah, lingkungan dan sebagainya.

"Untuk jenis tanaman hortikultura yang ditanam dalam kegiatan tersebut terdiri dari cabai, jagung, buah-buahan, sayuran dan lain sebagainya," ungkap dia.

Pihaknya berharap Pramuka dan peserta lain yang hadir dapat menjadi agen penyebarluasan kegiatan pertanian, peternakan, perikanan dan ketahanan pangan di DKI.

"Hal itu mulai dari pemanfaatan lahan-lahan yang ada di sekitarnya hingga dapat tumbuh kembang menjadi kelompok-kelompok tani demi terciptanya ketahanan pangan di DKI Jakarta," ungkapnya.

Baca juga: PJ Gubernur DKI tanam cabai di Jagakarsa untuk ketahanan pangan
Baca juga: DKI kolaborasi dengan daerah lain untuk jaga ketahanan pangan


Pada kesempatan yang sama, Kepala Suku Dinas (Sudin) KPKP Jakarta Barat, Novy C Palit menuturkan, pihaknya sudah bekerjasama dengan Saka Taruna Bumi. Salah satunya dengan penanaman tanaman hortikultura di berbagai lokasi di Jakarta Barat.

"Kami selalu mendukung sepenuhnya kegiatan Saka Taruna bumi dengan menyediakan bibit," katanya.

Selain itu mengerahkan penyuluh pertanian dari Sudin KPKP Jakarta Barat untuk melakukan pembinaan pada Saka Taruna Bumi mengenai cara bercocok tanam, merawat dengan baik dan benar hingga setelah besar dapat menghasilkan.

Pimpinan Saka Taruna Bumi Kwarcab Jakarta Barat, Hasanudin mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Dinas KPKP DKI Jakarta yang melakukan pembinaan tentang berbagai bidang pertanian pada Saka Taruna Bumi Jakarta Barat. Salah satunya yang hari ini dilakukan, yaitu penanaman dan penyuluhan tanaman hortikultura.

"Dengan kegiatan ini diharapkan dapat membantu Dinas KPKP Pemprov DKI Jakarta untuk semakin memperbanyak dan memperluas penanaman tanaman produktif di DKI Jakarta demi terciptanya ketahanan pangan," ungkapnya.
Baca juga: Bank DKI kucurkan kredit Rp1,1 triliun untuk ketahanan pangan

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023