Islamabad (ANTARA) - Koridor Ekonomi China-Pakistan (China-Pakistan Economic Corridor/CPEC) telah mendorong pembangunan berkualitas tinggi di Pakistan sehingga negara itu menorehkan berbagai pencapaian ekonomi yang luar biasa sejak diresmikan pada 2013, kata Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Pakistan pada Kamis (6/7).

"Pakistan dan China memperingati 10 tahun CPEC yang merupakan pilar penting bagi kemitraan kerja sama strategis di segala bidang dengan China," ujar Juru Bicara (Jubir) Kemenlu Pakistan Mumtaz Zahra Baloch dalam konferensi pers mingguan.

Sang jubir menyampaikan Pakistan dan China tetap berkomitmen untuk melanjutkan ekspansi dan pengembangan CPEC guna mendorong konektivitas yang saling menguntungkan, pembangunan, dan kemakmuran bersama.

"Kami akan terus memajukan semua proyek CPEC secara aman, lancar, dan berkualitas tinggi, mendorong kerja sama di bidang-bidang seperti ekonomi dan perdagangan, investasi, industri, pertanian, kesehatan, serta ilmu pengetahuan dan teknologi," tutur Baloch.

Di bawah fase pertama CPEC, China telah menginvestasikan miliaran dolar di Pakistan, terutama pada sektor energi dan infrastruktur transportasi, ujar Baloch, seraya menambahkan bahwa ribuan megawatt (MW) tenaga listrik telah ditambahkan ke jaringan nasional negara itu, dan sekitar 200.000 lapangan kerja telah dibuka di Pakistan.

Jubir tersebut juga menegaskan bahwa sebagai simpul penting dalam konektivitas lintas regional, CPEC merupakan platform yang inklusif dan terbuka bagi pihak ketiga yang berminat untuk memanfaatkan peluang investasi dalam bidang-bidang prioritasnya seperti sektor industri, pertanian, teknologi informasi, serta minyak dan gas.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023