Jakarta (ANTARA) -
Pencipta konten Ferry Irwandi memuji kedekatan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan masyarakat, terutama generasi muda.

"Salut sih (dengan kedekatan antara Prabowo dan masyarakat serta anak muda). Semoga dilancarkan semua niat, tujuan, hal yang ingin beliau capai. Semoga dipermudah oleh Tuhan Yang Maha Esa," kata Ferry, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.
 
Berikutnya, ia juga menilai Prabowo merupakan calon presiden (capres) yang mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal tersebut, kata Ferry, diungkapkan langsung oleh Prabowo dalam pertemuannya dengan sejumlah jurnalis dan pemengaruh (influencer) muda di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (25/6).
 
Dalam kesempatan itu, tambah Ferry, Prabowo juga tampak memiliki sifat yang tenang dan suka berinteraksi dengan siapa pun.

"Ini jujur ya, beliau sangat cair, ternyata sangat cair dan sangat suka bercanda. Beliau juga menceritakan betapa besar cinta dia buat NKRI," kata Ferry.
 
Pria yang kerap membuat konten di YouTube dengan topik seputar motivasi kehidupan dan politik itu bahkan mengaku kagum dengan sikap Prabowo tersebut.
 
"Ya, Pak Prabowo di atas ekspektasi," ujarnya.
 
Sebelumnya, pengamat politik Ujang Komarudin menilai Prabowo berpeluang besar memenangi Pilpres 2024 karena mendapatkan banyak dukungan dari generasi muda Indonesia.
 
Menurut Ujang, dukungan dari generasi muda itu dapat memperbesar peluang Prabowo memenangi Pilpres 2024 karena mereka merupakan kategori pemilih yang paling mendominasi.
 
"Kita tahu bahwa pemilih muda nanti di 2024 itu sangat besar dan sangat tinggi. Maka dari itu, sudah menjadi sebuah keuntungan bagi Prabowo," kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review itu.

Lebih lanjut, Ujang mengungkapkan berdasarkan pengamatannya, Prabowo disukai oleh generasi muda karena memiliki karakter kepemimpinan yang kalem, santai, dan tenang. Karakter seperti itu, menurut Ujang, menjadi daya tarik tersendiri untuk Prabowo dalam meraih dukungan dari anak muda.
 
Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.
 
Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Selain itu, pasangan calon juga dapat diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

Baca juga: KPU sebut pemilih Pemilu 2024 didominasi generasi milenial

Baca juga: Mempersiapkan milenial cerdas berdemokrasi

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023