Jakarta (ANTARA) -
PT Permodalan Nasional Madani (PNM) memberi edukasi keuangan digital kepada 1.700 nasabah PNM Mekaar secara serentak mendapat edukasi di 12 titik Kampung Madani yang tersebar di seluruh Indonesia untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan.
 
Direktur Utama PNM Arief Mulyadi optimis nasabah Mekaar binaan PNM mampu untuk melakukan transaksi keuangan secara digital, yang sebelumnya masih sangat konvensional.
 
“Ekosistem cashless terus kami genjot untuk mendorong nasabah naik kelas. Tentu harus dimulai dengan pemahaman para nasabah tentang apa itu keuangan digital dan dilanjutkan dengan inklusinya,” ungkap Arief dalam keterangan resmi, Kamis.
 
Pelatihan yang dilaksanakan pada Rabu (5/7) tersebut dilaksanakan di Kampung Madani Desa Negeri Katon di Lampung, Kampung Madani Desa Cinta Rakyat di Kabanjahe, Kampung Madani Desa Waru di Balikpapan, Kampung Madani Desa Koronua di Kendari, Kampung Madani Desa Tambalang di Blitar, dan Kampung Madani Desa Kopeng di Semarang.
 
Kemudian, pelatihan tersebut juga dilaksanakan di Kampung Madani Desa Guntur di Wonogiri, Kampung Madani Terusan di Pontianak, Kampung Madani Cibodas di Cimahi, Kampung Madani Desa Tumpuk di Pacitan, Kampung Madani Desa Papayan di Tasikmalaya, dan Kampung Madani Desa Kwala Besar di Medan.
 
"Selain memudahkan operasional usaha nasabah, keuangan digital juga bisa membantu transaksi usaha lebih aman. Kegiatan ini diawali dengan edukasi dan dilanjutkan dengan penerapan pencairan non-tunai," katanya.
 
Arief mendorong nasabah PNM Mekaar yang sudah mengikuti pelatihan untuk mengajak dan tidak sungkan mengajarkan kepada yang lainnya.
 
"Jadi setelah pelatihan jangan sungkan untuk ajarkan nasabah lain supaya bisa maju sama-sama,” tambahnya.
 
Arief juga meyakini economic dan social value akan terbentuk dengan adanya perluasan fungsi bagi ketua kelompok PNM Mekaar.
 
Selain pelatihan, pada kesempatan yang sama, ketua kelompok nasabah PNM Mekaar juga dijadikan sebagai agen BRILink Mekaar.
 
"Anggota kelompok nantinya dapat melakukan transaksi seperti pembelian pulsa, pencairan dan transaksi keuangan lainnya melalui ketua kelompok masing-masing," katanya.

Baca juga: PNM Konsisten Perhatikan Pelaku UMKM Hingga Naik Kelas

Baca juga: PNM berikan gerobak usaha kepada nasabah seluruh Indonesia

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023