Jadi pada akhir tahun, saya kira cadangan devisa akan mencapai level antara 141 miliar dolar AS hingga 145 miliar dolar AS.
Jakarta (ANTARA) - Ekonom Senior Bank DBS Radhika Rao memproyeksikan cadangan devisa Indonesia mencapai 145 miliar dolar Amerika Serikat (AS) pada akhir 2023 mendatang.

“Jadi pada akhir tahun, saya kira cadangan devisa akan mencapai level antara 141 miliar dolar AS hingga 145 miliar dolar AS, ini terlihat cukup memungkinkan,” kata Radhika dalam Media Briefing yang digelar secara daring, di Jakarta, Jumat.

Ia menilai, strategi Bank Indonesia (BI) untuk melakukan intervensi dalam menstabilkan rupiah dianggap tepat daripada menaikkan suku bunga acuan.

Selain itu, dari segi faktor eksternal, peningkatan cadangan devisa juga dipengaruhi oleh potensi masuknya aliran modal asing ke Indonesia.

BI saat ini tengah mengupayakan hal tersebut dengan memanfaatkan instrumen operasi moneter term deposit valas devisa hasil ekspor (DHE).

“Kami melihat pada tahun lalu FDI mencapai rekor tertinggi, surplus perdagangan mencatat rekor tertinggi, tetapi kita tidak melihat dolar masuk. Jadi itulah mengapa deposito berjangka khusus diperkenalkan, yang diharapkan akan mendatangkan dolar AS,” ujar Radhika.

Adapun BI mencatatkan penurunan pada cadangan devisa Indonesia akhir Juni lalu sebesar 137,5 miliar dolar AS, dari sebesar 139,3 miliar dolar AS pada Mei 2023. Penurunan posisi cadangan devisa tersebut, antara lain dipengaruhi oleh pembayaran utang luar negeri (ULN) pemerintah.

Kendati demikian, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menyatakan posisi cadangan devisa bulan lalu terbilang masih tetap tinggi. Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,1 bulan impor atau 6,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor.

Oleh karena itu, BI menilai bahwa cadangan devisa bulan saat ini tetap mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.
Baca juga: BI sebut cadangan devisa Indonesia Mei capai 139,3 miliar dolar AS
Baca juga: BI catat cadangan devisa Juni turun jadi 137,5 miliar dolar AS

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023