“Tadi ditemukan Pak Sapi’i yang sedang merumput (mencari rumput),”
Kediri (ANTARA) - Aparat Kepolisian Sektor Pagu, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menangani temuan mayat dalam karung yang ditemukan di areal persawahan selatan arca Totok Kerot, Kabupaten Kediri.

Kapolsek Pagu AKP Suharsono mengemukakan mayat tersebut pertama kali ditemukan oleh Sapi’i, warga yang sedang mencari rumput di area arca Totok Kerot, Kabupaten Kediri.

“Tadi ditemukan Pak Sapi’i yang sedang merumput (mencari rumput),” kata Kapolsek Pagu di Kediri, Sabtu.

Pihaknya juga langsung ke lokasi dan koordinasi dengan Polres Kediri terkait temuan tersebut.

Tim langsung ke lokasi dan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Polisi pun juga meminta keterangan sejumlah saksi yang mengetahui temuan itu.

Ia juga mengaku belum mengetahui identitas dari jenazah tersebut. Jenazah tidak dibuka saat temuan awal dan langsung dievakuasi petugas. Saat ini sudah dibawa ke RS Bhayangkara, Kediri untuk keperluan visum.

“Dari Polsek Pagu dan Polres Kediri kami melakukan penyelidikan. Saat ini jenazah sudah dievakuasi ke RS Bhayangkara Kediri,” kata Suharsono.

Imam Khanafi (45), warga Desa Bulupasar, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, yang juga mengetahui temuan bungkusan itu mengatakan sudah tahu ada bungkusan tersebut sejak Kamis (6/7) pukul 14.00 WIB.

Saat itu dirinya mengira karung tersebut hanya bungkusan sampah dan dibuang ke lokasi itu.

Karung sempat menyumbat saluran irigasi sebab mengganggu jalannya air yang mengalir ke sawah yang yang ditanami jagung.

Dia lalu mengangkatnya ke atas tanah yang ditanami rumput gajah tersebut.

"Saya lihat di saluran irigasi sini, lalu saya angkat ke atas terus saya pergi. Saya pikir bukan mayat,” kata Imam Khanafi.

Imam tidak berpikir lebih jauh isi dari karung tersebut dan langsung melanjutkan pekerjaannya di sawah.

Dirinya kaget dengan ramainya temuan mayat dalam karung yang sempat ia pindahkan itu.

“Saya tahunya baru ini. Waktu itu tidak ada bau. Saya juga tidak tahu kalau ternyata isi karung adalah mayat. Malahan saya kira isinya sampah," kata Imam Khanafi.

Sementara itu, lokasi temuan mayat dalam karung itu juga langsung dipadati warga. Petugas pun langsung memasang garis polisi, untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

 

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023